Kredit Pertanian dan Usaha Mikro Akan Diprioritaskan

Ilustrasi (Foto: pertaniankediri.blogspot.com)

Unit Pelaksana Teknis Satuan Tugas Daerah Konsultan Keuangan Mitra Bank Kantor Perwakilan Bank Indonesia (UPT Satgasda KKMB KBI) Malang tahun lini akan fokus memfasilitasi penyaluran kredit sektor pertanian dan usaha mikro.

Ketua UPT Satgasda KKMB KBI Malang Sunardi mengatakan pada 2013 ditargetkan lembaga tersebut dapat memfasilitasi kredit usaha kecil menengah (UMKM) sebesar Rp300 miliar.

“Kami harapkan porsi penyaluran kredit pertanian dan mikro lebih besar karena sektor tersebut kurang terjamah pembiayaan perbankan,” katanya, Minggu (27/1).

Sektor pertanian terkesan dianaktirikan perbankan karena kualitas kreditnya dianggap berisiko tinggi dan peluang bermasalahnya cukup besar.

Paradigma tersebut perlu diubah. Caranya dengan menggandeng lembaga yang selama ini membina pengembangan sektor pertanian seperti petugas dari Dinas Pertanian dan dosen dari perguruan tinggi yang bergiat di lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat.

Karena itu, pada 2013 mereka akan direkrut sebagai personel KKMB KBI Malang. Dengan begitu, mereka dapat mengenal dengan baik calon debitor yang akan difasilitasi untuk mendapatkan kredit perbankan.

Selain itu, para petani diharapkan dapat menikmati fasilitas subsidi bunga lewat kredit program Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE) yang dikucurkan bank-bank pemerintah dan bank pembangunan daerah serta Bank Bukopin.

Lewat kredit program tersebut, petani hanya menanggung bunga 4%, sedangkan sisanya ditanggung pemerintah.

Skema penyalurannya nanti, lanjut dia, melibatkan pula gabungan kelompok tani (gapoktan). Organisasi tersebut nantinya berperan sebagai avalis kredit untuk petani.

(Sumber: bisnis-jatim.com)

2 Komentar Pembaca

  1. Judulnya kurang huruf “N”..
    Bila dibaca terlihat kurang enak didenger..
    Hehehehehe.. :)

  2. Terima kasih banyak Mas atas infonya, :D

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim