Mangrove Tingkatkan Produktivitas Tambak

Selain sebagai penguat pematang tambak, dan juga penahan abrasi air laut, tanaman mangrove bisa meningkatkan hasil tambak. Daun mangrove ini bisa mengurai kadar garam, dan menetralkan bakteri.

Di Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, tambak yang dikelola secara alami dan ada tanaman mangrovenya, bisa menghasilkan 6-7 ton per hektar. Sementara tambak yang tanpa tanaman mangrove, hanya bisa menghasilkan sekitar 4 ton per hektar.

Warga Ujungpangkah saat ini berupaya mempertahankan mangrove. Hal itu diperkuat peraturan desa (perdes) yang isinya menyebutkan bahwa warga yang kedapatan memotong satu pohon mangrove, harus mengganti dengan menanam sampai hidup 5 pohon mangrove.

Warga membuat hutan mangrove yang dipelopori Pembantu Letnan Dua Zaharudin (49) anggota Koramil Ujungpangkah. Zaharuddin memberdayakan masyarakat sekitar untuk membuat hutan bakau, agar jalur sepanjang pantai desa tersebut aman dari abrasi.

Gagasan itu berawal dengan adanya tsunami kecil yang menimpa desa itu pada 25 Desember 2007 lalu. Akibatnya, puluhan hektar tambak di sepanjang pantai desa itu rusak.

Sekitar 26 warga desa lalu diajak membuat Kelompok Pelestari Mangrove, dengan membuat pembibitan mangrove dari jenis tanjang dan api-api.

Awalnya 140.000 biji mangrove ditanam di polybag, dan ditempatkan di tepi tambak yang telah disewa dari hasil uang iuran warga. Pada tahun 2009 disemaikan lagi 20.000 biji pohon mangrove, 2010 (50.000 biji), 2011 (60.000 biji), dan pada 2012 sebanyak 160.000 biji pohon mangrove.

Ketika tanaman mangrove muda yang berumur 4-5 bulan kira-kira setinggi 80-120 sentimeter, segera ditanam di rawa dan bibir pantai.

Dalam waktu lima tahun kawasan itu mulai hijau. Kelompok yang digagas Zaharuddin mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Gresik dan Provinsi Jawa Timur, sebagai pelestari lingkungan hidup. “Kelompok kami diusulkan mendapatkan Kalpataru,” ujar Zaharuddin. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim