PGN Janji Kerek Pasokan Gas Untuk Jatim

ilustrasi

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) secara bertahap mulai Juni 2012 akan meningkatkan pasokan gas pada Strategic Business Unit (SBU) II Jawa Timur. Suplai gas akan dipenuhi perseroan sesuai sesuai kontrak.

Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso, mengatakan, maksimum kontrak pelanggan berada di kisaran 150 mmscfd pada Juni 2012. Ia percaya, peningkatan pemakaian akan terus meningkat sampai akhir 2013 hingga dikisaran 180 mmscfd.

Kini pelanggan industri sedang mempersiapkan peralatan dan SDM bagi penyerapan pasokan baru. Sepanjang November 2012 hingga Juli 2013, jumlah pelanggan SBU II Jatim akan meningkat.

Beberapa pelanggan bahkan akan menaikkan kapasitas volume pemakaian gas bumi dalam rangka peningkatan produksi.

“Saat ini SBU II melayani lebih dari 12.000 pelanggan dimana 350 diantaranya adalah pelanggan industri komersial. Seiring dengan pemenuhan kontrak kebutuhan gas bumi bagi wilayah tersebut, pada Juli 2013 ditargetkan pelanggan industri dan komersial akan tumbuh lebih dari 15 % menjadi 414 pelanggan,” kata Hendi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/6/2012).

Terkait kenaikan harga gas, Hendi mengatakan, telah melakukan sosialisasi kepada stakeholer. Termasuk pelaku industri formal dan informal. Meski masih banyak yang menentang, Hendi menegaskan, PGN tetap terbuka untuk menjelaskan kembali posisi serta pertimbangan penyesuaian harga gas bumi kepada semua pihak.

“PGN telah mengupayakan secara konsisten dan berkoordinasi secara intensif dengan Kementerian-Kementerian terkait serta stakeholder di wilayah pengambilan policy agar pemenuhan kebutuhan gas bumi bagi industri dapat disetarakan dengan sektor-sektor lain yang selama ini menjadi prioritas,” tutur Hendi.

Perseroan sangat memahami keberatan para pelanggan industri terhadap penyesuaian harga ini. Stabilitas dan jaminan pasokan sudah dipahami oleh pihak produsen, salah satunya adalah dengan penyesuaian harga beli gas untuk meningkatkan operasi di hulu.

“Dan SBU II sudah merasakan manfaatnya pertengahan tahun ini secara nyata. Hal ini merupakan langkah nyata PGN dalam memperjuangkan kepentingan end user,” pungkasnya. kabarbisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim