Ada Asuransi Kesehatan untuk 38 Juta Warga

ilustrasi: knowledger80.blogspot.com

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan asuransi kesehatan kepada semua masyarakat yang rencananya berlaku mulai 2013.

“Gubernur Jatim Soekarwo sudah membahas ini dan menyiapkan rencana pemberian asuransi bagi sekitar 38 juta warga Jatim,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf kepada wartawan di Surabaya.

Saat ini, kata dia, program tersebut masih dalam tahap pembahasan dan penghitungan bersaran anggaran yang dibutuhkan. Program itu diberlakukan tahun depan karena akan dimasukkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2013.

Hanya saja, pejabat yang akrab disapa Gus Ipul tersebut belum bisa memastikan besaran anggaran program asuransi kesehatan. Ini karena masih dalam tahap penghitungan dan koordinasi.

Meski sekarang sudah ada jaminan kesehatan untuk masyarakat berupa Jamkesmas dan Jamkesda, kata dia, namun baru melayani sekitar 1-2 juta penduduk. Karena itulah Pemprov Jatim merasa perlu memberikan program kesehatan bagi sekitar 26 juta jiwa lainnya.

“Kami masih melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota terkait anggaran. Nantinya, sisi mana yang bisa dibantu daerah dan mana yang dibantu Pemprov Jatim. Program ini juga akan melibatkan APBN yang dikombinasikan dengan APBD,” katanya. MICOM

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim