Raih Piala Presiden Bidang Lingkungan

ilustrasi: kompas.com

Gubernur Jawa Timur Soekarwo meraih juara I dalam lomba “Penanaman Satu Miliar Pohon Tahun 2010″. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan memberikan piala kepada Soekarwo pada Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh pada 28 November dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2011 di Bukit Merah Putih, Citeureup, Bogor, Jawa Barat, Senin (28/11/2011).

Sementara itu, juara II dan juara III, berturut-turut, diraih oleh Gubernur Jawa Tengah H Bibit Waluyo dan Gubernur Sulawesi Selatan H Syahrul Yasin Limpo. Penilaian didasarkan atas jumlah bibit yang ditanam, kelompok kerja, dan banyaknya posko penyaluran bibit.

Presiden juga akan menyerahkan piala kepada kepala daerah tingkat II yang memenangi Lomba Penanaman Satu Miliar Pohon Tahun 2010. Juara I diraih oleh Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, H Suyoto. Sementara, Bupati Jepara, Jawa Tengah, Hendro Martojo, dan Bupati Lombok Barat H Zaini Arony, meraih juara II dan juara III.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan juga akan memberikan penghargaan kepada tujuh organisasi masyarakat, tiga lembaga, dan pimpinan BUMN dan swasta, serta perguruan tinggi peduli lingkungan.

Tujuh organisasi masyarakat dan tiga lembaga tersebut adalah Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Dharma Wanita Persatuan, Tim Penggerak PKK, Bhayangkari, Dharma Pertiwi, Kowani, Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan (APPB), serta Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, pimpinan Pusat Aisyah, dan Muslimat Nahdlatul Ulama.

Adapun BUMN dan swasta yang menerima penghargaan adalah PT Djarum Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Adaro Indonesia, Bank BNI 46, Perum Perhutani, PT Sari Bhumi Kusuma, PT Sumber Graha Sejahtera, PT Adhiniaga Kreasi Nusa, PT Indominco Mandiri, dan PT Aneka Tambang Tbk.

Sementara, perguruan tinggi yang menerima penghargaan lingkungan adalah Universitas Negeri Semarang, Universitas Hasanudin (Sulawesi Selatan), dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (Malang).

Tak hanya itu, Menhut juga akan menyerahkan Hak Pengelolaan Hutan Desa dan Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Masyarakat kepada Ketua Lembaga Pengelola Hutan di Batanghari, Jambi, Ketua Koperasi Harapan Sejahtera, Balikpapan, dan Ketua Koperasi Maju Bersama Santong di Nusa Tenggara Barat.

Pada tahun 2010, pemerintah meluncurkan program “Penanaman 1 Miliar Pohon” dengan slogan, “Satu Miliar Pohon Indonesia untuk Dunia”. Pada akhir 2010, tercatat sebanyak 1,7 miliar pohon telah ditanam, atau setara dengan 10.675.000 ton CO2.

Pada tahun 2011, pemerintah juga menargetkan penanaman 1 miliar pohon. Hal ini bertujuan menambah tutupan lahan dan mencegah terjadinya banjir, tanah longsor, konservasi keanekaragaman hayati, penyerapan karbon, dan lainnya kompas.com.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim