38 Ribu Warga Jawa Timur Terancam Katarak

ilustrasi: tempointeraktif.com

Setiap tahun, sebanyak 38 ribu lebih warga Jawa Timur terancam penyakit katarak. Bahkan berdasarkan data Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Jawa Timur menunjukkan angka kebutaan hingga tahun ini mencapai 2,660 juta orang. 570 ribu orang di antaranya buta akibat menderita katarak. “Tiap tahun kami mengoperasi 15 ribu orang,” kata Kepala BKMM Jawa Timur, Dyah Wiryastini.

Hingga saat ini, menurut Dyah, masih ada 285 ribu orang yang belum tersentuh operasi katarak.

Perang terhadap katarak, kata Dyah pula, sebenarnya bisa dilakukan jika banyak lembaga yang perduli untuk membantu penanganannya. Apalagi BKMM saat ini hanya memiliki empat dokter mata, 16 perawat, tiga petugas pemeriksa mata, serta tiga dokter umum.

Terbatasnya tenaga membuat BKMM secara mandiri hanya mampu mengoperasi lima ribu penderita katarak setiap tahun.

Saat ini BKMM terus melakukan pelatihan operasi mata, termasuk katarak, di seluruh puskesmas yang ada di Jawa Timur. Dengan demikian operasi katarak tidak harus dilakukan oleh BKMM melainkan bisa tertangani di tingkat kecamatan.

Biaya operasi katarak di Jawa Timur masih tergolong mahal. Sesuai peraturan gubernur tentang tarif dasar pelayanan kesehatan masyarakat, warga tidak mampu yang tidak memiliki kartu jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) maupun jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) dikenai biaya Rp 1,4 juta untuk sekali opeasi katarak. Bagi mereka yang memiliki kartu Jamkesmas maupun Jamkesda, biaya operasi katarak sepenuhnya ditanggung pemerintah. Adapun biaya operasi katarak di rumah sakit atau klinik swasta, paling murah Rp 8 juta

6 Komentar Pembaca

  1. saya ingin bertanya untuk mendapatkan data prevalensi katarak se jawa timur, saya lebih mudah mendapatkan dimana?
    terima kasih mohon bantuannya

  2. mohon pencerahan. anak saya menderita selelutis orbita dan memerlukan penanganan medis. perntanyaan saya bisakah anak saya mendapatkan penangan medis diBKKM umur anak saya 20 hri.

    • untuk bpk agus yasin. di rsmm (bkmm) sudah ada poli mata anak yg menangani kasus kesehatan mata anak usia 0 – 18 tahun.dan juga anak dg gangguan low vision.semoga jawaban ini membantu

  3. untuk bpk agus yasin. di rsmm (bkmm) sudah ada poli mata anak yg menangani kasus kesehatan mata anak usia 0 – 18 tahun.dan juga anak dg gangguan low vision.semoga jawaban ini membantu

  4. Mengkhawatirkan sekali,
    pemerintah harus bergerak cepat, sehingga kejadian ini tidak terus bertambah.

    my site : Jelly Gamat Semarang

  5. Saya mae tanya berapa biaya untuk operasi katarak?
    Bapak saya dari malang,punya JKN.sudah mendaftar operasi di rmah sakit di malang tp smpai sekarang tidak dilayani,dengan alasan alat masih rusak.mohon bantuan infonya..terimakasih :-)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim