Upah Minimum Pekerja 2012 Mulai Dibahas

ilustrasi

Proses penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) tahun 2012 sudah mulai dilakukan. Di Jawa Timur, misalnya, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan (Disnakertransduk) sudah mulai melakukan sosialisasi ke Dewan Pengupahan di 38 kabupaten/kota di Jatim.

“Gubernur Jatim sudah mengeluarkan edaran tentang petunjuk pelaksanaan penetapan UMK 2012,” ujar Kepala Disnakertransduk Jatim Harry Soegiri MBA, di Surabaya.

Dia mengatakan, untuk mengantisipasi kebuntuan dalam proses penetapan UMK di kabupaten/kota, Gubernur Jatim telah memutuskan dan menunjuk Badan Pusat Statistik (BPS) di masing-masing kabupaten/kota menjadi ketua tim survei kebutuhan hidup layak (KHL) yang menjadi patokan UMK.

“Kesepakatan ini bersifat komitmen terbuka saja. Bukan kesepakatan tertulis. Prinsipnya, gubernur ingin mengintervensi kesejateraan pekerja lewat UMK. Pada sisi lain, Apindo menyatakan tidak keberatan dengan syarat serikat pekerja ikut menopang pertumbuhan perusahaan,” tuturnya.

Hary menjelaskan, jadwal proses penetapan UMK 2012, diawali pada 12 September 2011 sosialisasi penetapan UMK tahun 2012. Selanjutnya, pada 13-16 September penetapan komponen, parameter dan lokasi survei. Selanjutnya, pada 17-25 September 2011 pelaksanaan survei.

“Pada 26-30 September 2011 penetapan nilai KHL oleh tim survey kab/kota untuk dijadikan dasar penetapan UMK tahun 2012. Selanjutnya, 1-7 Oktober 2011 pembahasan dan penetapan nilai UMK tahun 2012 oleh Dewan Pengupahan kab/kota untuk direkomendasikan kepada bupati/walikota,” paparnya.

Lebih lanjut Hary mengatakan, pada 8-15 Oktober 2011 penetapan dan usulan UMK tahun 2012. Sedangkan pada 5-15 Oktober 2011 dilakukan pembahasan dan penetapan UMK tahun 2012 oleh Dewan pengupahan Provinsi Jatim untuk direkomendasikan kepada Gubernur Jatim. “Pada 21 November 2011 mendatang dilakukan penetapan UMK tahun 2012 oleh gubernur atas usulan bupati/walikota,” imbuhnya.kabarbisnis.com

2 Komentar Pembaca

  1. Yth. Bapak/Ibu

    Mohon dapat diinformasikan, dimana saya dapat mendownload SK Gub Jatim tentang UMR 2012, dan mohon info, nomor SK yang dimaksud. File tersebut kami butuhkan untuk audit external dari customer yaitu Philip Morris USA.

    Terima kasih.

  2. Untuk Saudara Baroroh mungkin link berikut ini bisa membantu http://jdih.jatimprov.go.id/index.php?option=com_remository&Itemid=71&func=startdown&id=11507. Terima kasih telah berkunjung ke website kami. Salam.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim