Jalur Lintas Selatan Jatim Terkendala

ilustrasi: panoramio.com

Proyek infrastruktur jalur listasn selatan Jawa Timur masih terkendala. Gubernur Jawa Timur, Soekarwo pun telah melakukan pertemuan dengan anggota DPR dari provinsi ini agar proyek dipercepat dengan alokasi khusus.
Percepatan dilakukan khususnya di kawasan Pacitan menuju Malang, dan minimal mencapai jalur ini perlu penyelesaian tahap pertama yakni Pacitan – Tulungagung.

Menurut Soekarwo, percepatan dilakukan khususnya di kawasan Pacitan menuju Malang, dan minimal mencapai jalur ini perlu penyelesaian tahap pertama yakni Pacitan – Tulungagung.

Dia mengakui proyek itu terkendala menyangkut pencairan anggaran dari pemerintah pusat. “Memang tidak lancar karena anggaran belum cair dari pemerintah pusat, tetapi proyek tetap berjalan,” katanya.

Proyek JLS hingga selesai secara total, membutuhkan anggaran dana sekitar Rp 5 triliun, dengan panj ang jalan sekitar 660 kilometer, dengan lebar 24 meter, 16 jembatan, hutan masyarakat seluas 115, 14 hektar, hutan milik perhutani seluas 148,14 hektar, dan yang hingga kini belum bebas sepanjang 61,3 km, sementara jalan yang sudah beraspal hotmix sepanjang 15 kilometer.

Sementara APBD Jatim hanya mampu mengucurkan anggaran tidak lebih dari Rp 50 miliar per tahun. Maka dibutuhkan kebijakan revolusi dari pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah daerah agar proyek tuntas sesuai rencana.

Anggota Komisi D DPRD Jatim, Irwan Setiawan mengatakan, total APBD Jatim 2011 sebesar Rp 10,6 triliun dan sekitar 60 persen terserap untuk gaji pegawai. Sebab pembangunan pembangunan satu tahap JLS sepanjang 70,68 kilometersudah membutuhkan anggaran sekitar Rp 178 miliar.

Sebab anggaran pembangunan JLS tersebut per kilomiter antara Rp 2 miliar hingga Rp 4 miliar. “Jika hanya mengandalkan APBD Jatim,sulit untuk mewujudkan proyek itu hingga 2014,” katanya.kompas.com

Komentar Pembaca

  1. semoga cepat terlaksana dengan baik.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim