BI: Kredit Macet Bank Asing di Jatim Tertinggi

ilustrasi: - www.primaironline.com

Tingkat kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) sejumlah bank asing di Jawa Timur mencatat angka tertinggi dibandingkan dengan pencapaian bank non-asing di wilayah tersebut. “Besaran NPL bank asing selama triwulan I/2011 di Jatim mencapai 5,18 persen,” kata pemimpin Bank Indonesia (BI) Surabaya, Mohammad Ishak, dihubungi di Surabaya, Jatim.

Sementara rata – rata NPL di kelompok bank pemerintah masih membukukan pencapaian 3,79 persen. NPL di kelompok bank swasta tetap mempertahankan rasio NPL. “Mayoritas angka NPL mereka di bawah tiga persen atau sekitar 2,55 persen,” ungkapnya.

Kondisi tersebut menunjukkan risiko kredit perbankan yang tercermin dari rasio kredit bermasalah di Jatim selama triwulan I/2011 memperlihatkan grafik naik. “Contoh lain, NPL bank umum pada triwulan I/2011 berada di posisi 3,37 atau lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2010 yakni mencapai 2,96 persen,” katanya.

Di sisi lain, secara sektoral penurunan kualitas kredit tampak di seluruh sektor ekonomi, terutama yang selama ini menjadi kebanggaan Jatim. “Di antaranya, sektor industri, perdagangan, hotel dan restoran (PHR), serta sektor komunikasi dan pengangkutan tercatat mengalami kenaikan persentase NPL daripada periode serupa 2010,” katanya.

Ia merinci, di sektor perdagangan, hotel, dan restoran (PHR) membukukan angka NPL 4,39 persen selama triwulan I/2011. Sementara sektor komunikasi dan pengangkutan mencatatkan NPL 5,87 persen. “Kalau sektor industri, angka NPL-nya mencapai 3,81 persen pada periode serupa tahun ini,” katanya.

Ia melanjutkan, peningkatan NPL saat perkembangan sektor unggulan itu tumbuh positif harus menjadi perhatian pelaku perbankan. Salah satunya, lebih mengoptimalkan upaya pengendalian risiko kredit. “Untuk itu, pelaku usaha perbankan perlu melaksanakan sistem prudential banking, sehingga kinerja mereka ke depan semakin membaik,” katanya.Ant

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim