Pengamanan Museum Daerah Diperketa

ilustrasi: blogger-1ndonesia.blogspot.com

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) segera memperketat pengamanan museum di daerah untuk mencegah kehilangan dan pemalsuan benda bersejarah bernilai tinggi.

Kepala Seksi Museum Dinas Kebudayaan dan Periwisata (Pemprov) Jatim Parso Adianto kepada mediaindonesia.com, Kamis (26/5), mengatakan peningkatkan keamanan museum antara lain dilakukan dengan menambah peralatan canggih, antara lain closed circuit television (CCTV) dan detektor yang ditempatkan di setiap sudut ruangan. Media Indonesia

Selain itu, ujarnya, juga menyiapkan sumber daya manusia (SDM) sebagai juru pelihara dan konservasi secar matang. Sehingga, mereka lebih bertanggung jawab dan tidak tergoda untuk melakukan kejahatan atas benda bersejarah yang bernilai tinggi tersebut.

Ia mengatkan itu terkait dugaan pemalsuan koleksi di Museum Radya Pustaka, Solo, Jawa Tengah. Oleh karena itu, ujarnya, Pemprov Jatim berusaha mencegah agar hal itu tidak terjadi di Jatim.

“Kami menggencarkan sosialisasi terhadap masyarakat agar tidak tergoda oleh para kolektor yang membeli benda bersejarah,” ujarnya di sela-sela pameran koleksi unggulan museum daerah di Taman Krida Budaya, Kota Malang.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim