BUMD Bisa Dilibatkan Kelola West Madura

ilustrasi: faktapos.com

Pemerintah harus melibatkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk ikut mengelola blok migas di daerah, termasuk untuk Blok West Madura.

Direktur ReforMiner Institute Pri Agung Rakhmanto mendukung rencana BUMD Jawa Timur memiliki sebagian hak partisipasi dalam Blok West Madura Offshore yang berlokasi di Jatim. “Terlepas dari siapa yang digandeng daerah, saya rasa semestinya daerah diberi kesempatan memiliki hak partisipasi West Madura,” katanya.

Namun, lanjutnya, kepemilikan sebagian hak partisipasi West Madura oleh BUMD itu mesti sesuai aturan dan dilakukan secara bisnis (b to b). Sehingga, pengelolaan tetap transparan dan profesional.

Dukungan senada dikemukakan Direktur Indonesian Resources Studies (Iress) Marwan Batubara. “Agar daerah ikut menikmati,” katanya.

Namun, ia menyarankan agar keinginan daerah tersebut dilakukan setelah ada kepastian PT Pertamina (Persero) memperoleh 100 persen hak pengelolaan blok tersebut. Selanjutnya, menurut dia, daerah bersama Pertamina bisa mencari pendanaan pengembangan West Madura tersebut.

“Kalau telah ada kepastian pengelolaan, maka Pertamina dan daerah akan mudah mencari dana,” ujarnya. kbc

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim