Target Kedelai Tidak Tercapai

Kedelai (dok. matanews.com)

Pemerintah khawatir proyeksi produksi kedelai sebesar 960.000 ton pada tahun 2011 tidak akanĀ  tercapai. Satu-satunya masa tanam kedelai yang biasa dilakukan di Indonesia, yakni Agustus-Oktober setiap tahun, diperkirakan akan gagal tahun 2011 ini akibat iklim yang terlampau basah.

“Akibat iklim yang terlampau basah, petani kedelai yang terkonsentrasi di Aceh dan Jawa Timur dikhawatirkan akan beralih, dari menanam kedelai ke menanam padi, sehingga sepanjang tahun ini tidak ada yang menanam kedelai sama sekali,” ujar Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi di Jakarta, Rabu (9/2/2011) usai menghadiri Rapat Koordinasi yang dipimpin Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa tentang pengamanan pangan.

Menurut Bayu, kebutuhan kedelai di dalam negeri saat ini mencapai 1,5 juta ton setiap tahun. Selama ini, untuk Indonesia baru sanggup memproduksi kedelai sendiri sebesar 960.000 ton per tahun. Selebihnya, sekitar 600.000-700.000 ton harus diimpor.

“Tetapi untuk tahun ini, untuk memproduksi 960.000 ton saja akan berat karena pengalihan jenis tanaman pangan yang ditanam. Sementara untuk mendatangkan dari luar negeri pun tidak mudah karena harga terus meninggi dan kemungkinan besar pasokannya sulit,” kata Bayu.

Penduduk Indonesia tergolong memiliki ketergantungan tinggi terhadap kedelai. Sebagian besar penduduk Indonesia mengkonsumsi berbagai penganan yang berasal dari kedelai, seperti tempe, tahu, dan kecap.

(Sumber: Kompas.com)

Komentar Pembaca

  1. Indonesia bisa swasembada kedelai………..

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim