Kepala BKPM Bahlil Resmikan Pabrik Rokok Elektrik Smoore Asal Cina di Malang

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menghadiri peresmian fasilitas produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI) yang berlokasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur (30/6). (Instagram @bkpm_id)

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menghadiri peresmian fasilitas produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI) yang berlokasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur (30/6).

Pabrik rokok elektrik yang dibangun dengan luas tanah 6 hektare tersebut merupakan pabrik ke-14 yang dibangun oleh Smoore International, dengan rencana total investasi mencapai USD 80 juta atau Rp1,12 triliun. Kegiatan produksi ini direncanakan akan menggunakan komponen dan bahan baku lokal serta impor dengan perbandingan 75% lokal dan 25% impor.

Adanya investasi dari PT STI ini merupakan manifestasi dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dia juga mengingatkan perlunya kolaborasi dengan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah.

Dengan diresmikannya fasilitas produksi ini, Menteri Investasi/Kepala BKPM berharap akan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar yang juga akan berdampak pada pemerataan pertumbuhan investasi di Indonesia.

“Tolong libatkan UMKM dan pengusaha lokal. Beri dukungan ke mereka. Investasi yang baik itu, yang besar mampu mengangkat yang kecil. Jadi tolong kita butuh kerja sama. Kita butuh kolaborasi. Kita butuh lapangan pekerjaan, tapi juga ruang untuk anak-anak daerah agar memanfaatkan secara maksimal untuk menjadi tuan di negeri sendiri,” ujar Bahlil dalam keterangan tertulis.

Presiden Direktur PT STI Clayton Shen menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Investasi/BKPM atas fasilitas pembebasan bea masuk atas impor mesin yang diberikan kepada PT STI. Dengan fasilitas tersebut, harapannya PT STI dapat segera berproduksi komersial sesuai dengan yang direncanakan, sehingga dapat segera memberikan manfaat bagi banyak pihak, serta berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian nasional, khususnya bagi perekonomian di Kabupaten Malang melalui penciptaan lapangan kerja bagi masyara

Smoore International yang berpusat di Kota Shenzen, China ini merupakan salah satu produsen rokok elektrik terbesar di dunia dengan pangsa global sebesar 18,9%. Pabrik yang akan dibangun di Kabupaten Malang tersebut merupakan produsen alto pods pertama di Indonesia.

Pabrik ini nantinya akan terdiri dari 16 lini produksi alto pods dengan teknologi canggih dan mampu memproduksi 7.200 unit setiap lini per jam. Perkiraan nilai produksi sebesar USD 860 juta per tahun.

Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM, realisasi investasi triwulan pertama tahun 2022 di Jawa Timur menempati peringkat 3 untuk PMDN (Rp15,4 Triliun) dan peringkat 7 untuk PMA (USD 574,8 Juta). (*)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim