Soekarwo: Ekonomi Digital Harus Gandeng Industri

Gubernur Soekarwo jadi keynote speaker di Hotel Bumi Surabaya. foto:istimewa

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, mengatakan ekonomi digital harus gandeng dengan industri. Artinya, ekonomi digital harus bisa mendorong sektor industri.

Kata Soekarwo, ide ini merupakan tawaran optimis dari Jawa Timur. Ide ini adalah untuk menerapkan ekonomi digital dengan industri sesuai  dengan keputusan Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XIX Tahun 2015.

Dalam kongres itu dikatakan ekonomi digital menitikberatkan pada  sektor industri sebagai penggerak pembangunan nasional.

Soekarwo, saat menjadi Keynote Speaker Seminar Nasional Economic Outlook 2018: Kebijakan dan Strategi Fiskal, Moneter Perbankan dan Sektor Riil di Era Ekonomi Digital, di Ballroom Hotel Bumi Surabaya, Rabu (10/1), mencontohkan, penerapan ekonomi digital dengan industri.

Melalui ekonomi digital, dapat disediakan  informasi tentang penyediaan bahan baku industri di masing-masing daerah. Sehingga ketika ada suatu daerah atau perusahaan membutuhkan bahan baku, bisa mengambil dari daerah dan  tidak perlu impor dari luar negeri.

“Jadi ekonomi digital itu tidak hanya permasalahan trading saja. Tetapi, juga dapat dikaitkan  dukungan sektor industri. Sebab kalau hanya melakukan trading dengan ekonomi digital, maka kita hanya menjadi trader,” kata Soekarwo.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi  Jawa Timur juga menerapkan  ekonomi digital di industri terhadap bahan baku /raw material yang dinamakan Sistem Informasi Perdagangan Bahan Baku (SIPAP). Tujuan dibuatnya aplikasi ini agar ekonomi digital mendorong sistem perdagangan yang mempercepat substitusi impor, sehingga kemandirian industri dalam negeri dapat terwujud.

Dalam aplikasi tersebut, kata Gubernur, dapat diihat berbagai raw material dari berbagai daerah di Indonesia, data  real time mengenai potensi dan kebutuhan masing-masing daerah, bersumber dari aggregator masing-masing provinsi. Aplikasi ini dapat membuat perusahaan langsung dapat melakukan business to business.

“Kita punya chanelling di sana sehingga industri Jatim yang 79 persen bahan bakunya dari luar negeri, bisa dikurangi perlahan-lahan hingga menjadi 50 persen. Jika bahan baku bisa mencapai 50 persen atau di bawahnya, maka neraca perdagangan kita surplus,” Kata Soekarwo.

Menurut Soekarwo, pemerintah harus mendorong penggunaan bahan baku yang ada di dalam negeri untuk digunakan industri atau tidak harus mendatangkan bahan baku dari luar negeri. Ini tanggung jawab pemerintah, jangan membiarkan industri terus mengimpor bahan baku dari luar negeri.

Selain SIPAP, kata Soerkarwo, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga telah memiliki aplikasi East Java Investment Super Coridor (EJISC). Ini merupakan layanan virtual yang komprehensif dan terintegrasi dengan kabupaten/kota.

Di dalamnya, investor atau pelaku usaha bisa melihat peta informasi potensi dan fasilitas di Jatim, peluang investasi yang menginformasikan prospektus investasi di Jatim. Bahkan juga menyajikan industri pariwisata dan help desk untuk menyampaikan tanya jawab, saran, pengaduan dan kritik. (*)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim