Wapres Ajak Masyarakat Jatim Terapkan Pola Hidup Gizi Seimbang

Ilustrasi

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak masyarakat Jawa Timur untuk menerapkan pola hidup gizi seimbang. Pemerintah terus mendorong dan melakukan kampanye untuk meningkatkan kesadaran
masyarakat agar selalu mengonsumsi makanan sehat, berkualitas dan berorientasi pada pemenuhan gizi.
“Dahulu kita masih ingat mengkampanyekan 4 sehat 5 sempurna. Sekarang kita ingin kembali berkampanye dengan pola yang lebih baik lagi, yakni gizi berimbang,” katanya didiampingi Menteri Kesehatan (Menkes),
Nila F Moeloek di Jakarta melalui telekonferensi bersama Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf di Halaman Kantor Dinkes Jatim, Minggu, (12/11) dalam rangkan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke -53.
Lebih lanjut, ia mengimbau agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, mulai dari sanitasi, selokan, sungai dan pemenuhan air bersih. Menurutnya, apabila pemenuhan gizi dan kebersihan lingkungan dapat dimaksimalkan maka dapat terhindar dari penyakit. “Saya kira Surabaya sudah bagus untuk itu,” ujarnya.
Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf melaporkan bahwa secara umum kesadaran masyarakat Jawa Timur mengenai pola hidup sehat dan kebersihan lingkungan sangat baik. Ia mencontohkan beberapa kali berkunjung di daerah, budaya berolahraga baik senam maupun bersepeda  sudah banyak dilakukan.
“Semua itu adalah bagian dari upaya preventif. Supaya tubuh semakin sehat dan bugar,” tandas Wagub dua periode yang akrab disapa Gus Ipul.
Sebelum mengikuti telekonferensi, ratusan masyarakat  meramaikan jalan sehat dan senam pagi bersama di halaman kantor Dinkes Jatim. Tidak hanya hari ini, rangkaian acara HKN diantaranya Senin, (13/11) upacara bendera dan penyerahan penghargaan kepada instansi dan insan kesehatan yang berprestasi.
Selanjutnya, Kamis, (16/11) pencanangan Germas di Tuban dan 30 November – 1 Desember, Seminar Kesehatan, Pelatihan Basic Life Support (BLS) untuk masyarakat, Kegiatan Penyuluhan dan pemeriksaan mata serta gigi dan mulut di Pondok Pesantren, Pelayanan Kesehatan, gathering HKN, Jalan Sehat dan Senam bersama. (*)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 5039. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim