Tiga Jembatan Nasional Diperlebar Pada 2018

Ilustrasi; pengerjaaan jembatan. foto:istimewa

BOJONEGORO - Tiga Jembatan nasional yang berada di wilayah Bojonegoro akan diperlebar pada 2018.

Perencanaan sudah digodok oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya.  Pendanaan bersumber pada Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) 2018.

Perluasan jembatan dilakukan karena tiga jembatan mulai tak mampu menampung kepadatan. Ukuran sebelumnya 6-7 meter, ukuran sekarang dibutuhkan perlebaran menjadi 11 meter menyesuaikan jalan yang ada.

Dengan dilebarkan jembatan ini diharapkan kendaraan roda dua, empat dan truk trailer bisa dilalui dengan aman dan nyaman.

Tiga jembatan itu masing-masing jembatan Kalipang KM 117+400, jembatan Mojoroto KM 120+200 dan jembatan Mayangrejo KM 121+200. Ketiga jembatan sempit tersebut masuk wilayah Kecamatan Kalitidu Bojonegoro.

Awalnya, penganjuan 8 jembatan namun dari jumlah tersebut hanya tiga jembatan yang direalisasi. Anggaran tiap jembatan berbeda, mulai Rp 3-7 miliar, tergantung panjang jembatan yang akan dibangun.

Ketiga jembatan sebenarnya kontruksi masih kokoh, kurang lebar. Lima jembatan yang belum tercover adalah Jembatan Ngambon 2 KM 113+600, Jembatan Kalitidu KM  114+200, Jembatan tinggang KM150+100, Jembatan Kalicilik KM150+800 dan Jmebatan Ngraho I KM 156+850.

Harapannya, kelima jembatan sempit yang belum tercover tahun berikut bisa terealisasi, sehingga tahun 2019 tidak ada jembatan sempit lagi. (*)

Komentar Pembaca

  1. Salam Hormat,
    Sehubungan dengan artikel diatas, apakah saya bisa mendapatkan data load yang diperbolehkan atau maksimal load yang diperkenankan utk melewati jembata2 tersebut. Khususnya jembatan2 sepanjang kota Gresik, Lamongan, Babat, Bojonegoro hingga Cepu.
    Terima Kasih

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim