Madura Sangat Siap untuk Pengembangan Pertanian

Gubernur menerima rekomendasi. foto:ist

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, menerima rekomendasi atas LKPJ Tahun Anggaran 2016. Rekomendasi tersebut diterima pada saat Sidang Paripurna Pandangan Akhir Fraksi soal LKPJ Tahun Anggaran 2016 di DPRD Jawa Timur dengan Pimpinan Rapat Achmad Iskandar, Jumat (5/5).

Seiring dengan rekomendasi tersebut Gubernur Soekarwo, menyampaikan, Pulau Madura memiliki potensi besar agar perekonomiannya bisa meningkat. Salah satunya dengan menjadikan Pulau Madura sebagai sentra pertanian.

Sudah dilakukan diskusi dengan Universitas Negeri Trunojoyo (Unijoyo) Bangkalan mengenai potensi pertanian di Madura. Potensi di Madura cukup besar di bidang pertanian, diantaranya untuk ditanami jagung, tebu, dan tembakau serta  meningkatkan produksi garam.

Upaya meningkatkan perekonomian di Pulau Madu, berdasarkan kajian, agar dilakukan melalui pertanian , karena apabila dengan industri bisa menyebabkan konflik. Konflik yang dimaksud adalah dengan adanya industri akan membutuhkan tenaga skill dari luar yang banyak. Hal itu bisa menyebabkan keruwetan tersendiri. Untuk menjadi kawasan industri, masyarakat Madura harus dibekali dengan skill terlebih dahulu

Masyarakat Madura, ungkapnya, sangat siap dalam mengembangkan potensi pertanian. Hanya tinggal meningkatkan kualitasnya, semisal pertanian  jagung lokal dirubah menjadi jagung hibrida agar produktifitasnya meningkat. Contoh lainnya adalah untuk pertanian tembakau saat ini sedang difikirkan untuk menghasilkan tar rendah. Sedangkan untuk pertanian tebu, masih baru dimulai.

Pakde Karwo juga menuturkan, masyarakat Madura harus diberikan contoh terlebih dahulu. Jadi harus ada pihak yang menanam dan memanen terlebih dahulu, baru bisa diikuti oleh petani lain. (*)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim