MenPPN: Skema Proyek Umbulan Bisa Ditiru Provinsi Se-Indonesia

MenPPN membuka Konsutasi Regional Jabalnusra 2016. foto:widikamidi

Provinsi Jawa Timur merupakan Provinsi pertama yang memulai proyek infrastruktur dengan memakai skema proyek publik partnership.

Proyek ini juga menggandeng badan usaha di daerah. Proyek yang dikerjakan dengan tidak mengandalkan dana dekon Pemerintah Pusat maupun APBD Jawa Timur itu adalah proyek air minum yang bersumber pada mata air Umbulan di Kabupaten Pasuruan.

Ini adalah keberhasilan Pakde Karwo yang spektakuler, mengingat proyek Umbulan ini Mandeg tidak terealisasi sejak tahun 1972. Demikian disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI, Bambang Permadi S Brojonegoro saat membuka acara Konsultasi Regional Jabalnusra 2016 di Shangrila, Rabu (10/8).

Pakde Karwo menerima penghargaan dengan keberhasilan itu. foto:widikamidi

Menurut MenPPN RI yang mantan Menteri Keuangan itu, sukses Jawa Timur dengan skema pembiayaan model baru itu bisa ditiru oleh seluruh Provinsi di Indonesia. Skema ini menunjukkan bahwa tanpa APBN maupun APBD pun proyek prioritas di daerah bisa dikerjakan dengan cepat. Namun sebenarnya ini juga tergantung dari niat daerah. Asal ada keinginan dan kreatif maka tanpa dukungan pembiayaan Pemerintah Pusat pun bisa dilaksanakan.

Menteri juga memuji, ÔÇťAndaikan Indonesia ini memiliki 10 saja Gubernur seperti Pakde Karwo maka negeri ini akan terbebas dari kesulitan infrastruktur, pembiayaan, juga proyek prioritas untuk memajukan perekonomian rakyat. widikamidi

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2022. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim