Pancasila untuk Membangun Peradaban Unggul

Pidato Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo.

Ilustrasi

Pancasila dan musyawarah mufakat merupakan manifestasi kultur bangsa Indonesia yang harus dipertahankan.

Kalau kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai kulturnya, maka negara bisa menjadi lebih bagus.
Intinya, kita harus menggunakan kultur kita. Negara-negara timur kuat, karena menggunakan kultural sebagai basis berbangsa dan bernegara.

Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus fondasi negara kita. Sebagai falsafah negara, Pancasila menjadi acuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

Nilai-nilai Pancasila telah membuat bangsa Indonesia semakin matang dalam kehidupan politik sebagaimana telah ditampilkan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum baik legislatif, Presiden dan Wakil Presiden RI, serta Kepala Daerah.

Jika ingin membangun bangsa yang berperadaban unggul, salah satu cirinya adalah bangsa yang mampu menunjukkan karakter dan jati dirinya, tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain. Harus mampu mengaktualisasikan makna yang dikandungnya sesuai dengan perkembangan zaman. Kalau ingin maju, gunakan Pancasila dalam berbagai sektor. Kalau di sektor politik maka yang digunakan adalah musyawarah mufakat.

*) Disampaikan Dr. H. Soekarwo, dalam pidato Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2014 dengan tema Penguatan Nilai-Nilai Pancasila untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim