Pemerintah Bangun Akademi Perkeretaapian

ilustrasi: flickr.com

Pemerintah mengucurkan dana Rp 300 miliar untuk pembangunan Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun, Jawa Timur. Bangunan kampus tiga lantai yang menempati lahan seluas 864 meter persegi ini ditargetkan bisa beroperasi pada pertengahan 2013.
Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan mengatakan, kampus API akan menjadi pusat pengembangan tenaga ahli di industri perkeretaapian nasional. Kampus ini dilengkapi fasilitas ruang belajar, asrama taruna, poliklinik, laboratorium, dan stasiun simulasi. Kampus ini merupakan jawaban terkait terus meningkatnya volume angkutan kereta api (KA) di Tanah Air. Bahkan, pada 2030 mendatang, jumlah penumpang KA diperkirakan mencapai 929 juta orang dan 995 juta ton angkutan barang. Pertumbuhan angkutan KA juga didukung pengembangan infrastruktur jaringan rel ganda KA lintas utara dan selatan Jawa dari Jakarta ke Surabaya.
“SDM andal kita perlukan untuk mendukung operasional kereta api. Pemerintah sedang membangun rel ganda hingga ke Surabaya, Jawa Timur, serta PT Kereta Api Indonesia menyediakan rangkaian kereta penumpang dan barang. Untuk itu, SDM-nya kita siapkan dari sekarang,” kata Menhub, saat meninjau pembangunan kampus API di Madiun, Jawa Timur.
Dalam lima tahun mendatang, tenaga masinis serta teknisi kereta api dibutuhkan seiring peningatan armada dan operasional KA untuk mengangkut penumpang dan barang. Saat ini saja KAI kekurangan tenaga ahli untuk masinis dan teknisi.
Lebih jauh Menhub menjelaskan, Madiun akan menjadi pusat industri kereta api nasional. Untuk itu, PT Inka diminta melakukan pengembangan, termasuk bekerja sama dengan API. Kemampuan PT Inka memproduksi 475 unit kereta api (120 unit KA penumpang, 300 unit gerbong barang, 40 unit KRL/KRD, dan 15 unit lokomotif) per tahun harus dimanfaatkan.
“Jangan terlena dengan buatan luar negeri, karena yang kita miliki juga tidak kalah. Kemampuan PT Inka sudah cukup maju dan tidak perlu diragukan,” tutur Menhub, yang juga menyempatkan diri meninjau PT Inka di Madiun.
Dalam kunjungannya, Menhub langsung memerintahkan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Tundjung Inderawan untuk memprioritaskan pembangunan kereta api maupun lokomotif ke Inka. Apalagi Inka juga sedang melakukan pengembangan gerbong untuk angkutan hewan dan hasil pertanian.
Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan SDM Kemenhub Bobby R Mamahit mengatakan, dana sebesar Rp 300 miliar dialokasikan secara bertahap untuk masa empat tahun. Tahap pertama digunakan untuk pembangunan kampus API. Dalam hal ini, kampus API memang disiapkan untuk mengantisipasi terus meningkatnya kebutuhan tenaga ahli perkeretaapian.
“Proyek ini merupakan kebutuhan dan sangat strategis. Pemerintah akan terus mendorong perkeretaapian nasional untuk terus tumbuh. Kita sudah memiliki pabrik kereta api PT Industri Kereta Api (Inka) yang kapasitas produksinya besar,” kata Bobby.
Pilot

Di lain pihak, maskapai penerbangan Citilink berharap sekolah penerbang di lingkungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mampu memenuhi kebutuhan tenaga pilot dan teknisi pesawat. Hingga sekarang, anak perusahaan Garuda Indonesia ini masih menggunakan banyak pilot asing karena kekurangan penerbang dari dalam negeri. Direktur Utama PT Citilink Indonesia Arif Wibowo mengatakan, pihaknya masih membutuhkan sebanyak 60 pilot tahun ini.
“Kebutuhan kami besar, apalagi kami terus mendatangkan pesawat-pesawat baru. Makanya sebagian pilot kami dari asing,” katanya.
Menurut dia, kerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemenhub diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pilot dan teknisi yang memiliki kompetensi di sektor penerbangan. Terus bertambahnya pesawat secara otomatis membutuhkan penerbang dan teknisi pesawat hingga awak kabin. Dari 60 pilot yang dibutuhkan Citilink tahun ini, sebagian terpenuhi dengan bergabungnya pilot-pilot asing.
“Namun, pilot dari dalam negeri kami butuhkan untuk menggantikan posisi pilot asing. Selama tiga tahun ke depan (2015), Citilink membutuhkan 240 pilot, sedangkan awak kabin yang dibutuhkan selama lima tahun mendatang mencapai 480 orang.
Terkait hal ini, Kepala BPSDM Kemenhub Bobby R Mamahit mengatakan, kerja sama dengan maskapai penerbangan bertujuan untuk lebih banyak mencetak SDM andal di industri penerbangan. Untuk tenaga pilot misalnya, Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya sudah mengantongi Pilot School Certificate 141.014 pada 14 Agustus 2012 lalu. Dengan ini, berarti ATKP Surabaya resmi menjadi sekolah penerbang ke-14 di Indonesia atau ke-2 di lingkungan BPSDM Kemenhub setelah Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug-Tangerang Selatan, Banten.
Dengan dibukanya program sekolah pilot, maka ATKP Surabaya dapat lebih berkontribusi pada penyediaan SDM yang prima, professional, dan beretika di bidang transportasi udara. Karena selain membutuhkan penerbang, maskapai penerbangan nasional juga membutuhkan teknisi pesawat dan awak kabin. suara karya online

29 Komentar Pembaca

  1. assalamu alaikum wr wb
    selamat sore..
    saya mau bertanya..apakah boleh seorang perempuan mendaftar di Akademi Perkeretaapian Indonesia ….
    tolong dijelaskan….
    ..pada jurusan apa sajakah , perempuan boleh ikut ??
    terima kasih
    mohon dibalas..

    • Boleh saja. Pendaftaran tidak memandang apapun.
      Jurusannya ada yaitu ::
      Ilmu Masinis Kereta (D3)
      Ilmu Masinis Kereta Rel Diesel (D3)
      Ilmu Teknik Mesin (D3)
      Ilmu Teknik Mesin Kereta Rel Diesel (D3)
      Ilmu Pengontrol Kereta Rel Listrik (D3)
      Ilmu Penciptaan Mode Transportasi Kereta Modern (D3)
      Ilmu Pengoperasian Kereta (D3)
      .
      Dalam hal ini masih tahap pembangunan. Letaknya memang terpencil.. di daerah Nambangan Kidul, atau dekat dengan Markas Bataylon Infanteri Yonif Linud 501 Madiun, jalan Urip Sumoharjo yang deket dengan Ring Road Madiun itu.
      Semoga jawaban saya dapat membantu. :D
      .

      • untuk angkatan 2014, apakah bisa pendaftaran melalui online?

  2. mohon infox untuk pendaftaran th 2013 ini……

  3. untuk biayax gimna ya…. apa sama dgn sekolah kedinasan lainx gratis…..???
    mohon penjelasanx…

  4. kapan pendaftaran Akademi Perkeretaapian Madiun mulai dibuka?
    persyaratanya apa aja?
    situs resminya apa??

  5. jujur dari pertama baca info ini saya sangat tertarik
    saya ingin tanya sistem belajar disana apakah sama dengan sekolah kedinas lainya dengan semi militer?
    satu lagi info pendaftaran buat masuk akademi ini

  6. saya mau bergabung dengan PT perkeretaapian sedangkan rumah saya ad di surabaya…gt itu apakah 1mnggu sekali saya boleh pulang kesurabaya atau harus menginap diasrama trz smp sekolah selesai….?

    mhon di blZ di e-mail saya

  7. info pendaftaran tahun 2014 gimana? dari jurusan ipa bisa? trus kalo cewek ditempatkan di bagian apa?

  8. kpan pendaftaran di mulai????trus apa persyaratannya???

  9. kpan pendaftaran di mulai dan apa persyaratannya?????

  10. kapan dibukanya penftaran 2014 ini ?

  11. siang pak, mohon info pendaftaran untuk tahun 2014 apa boleh dari SMK jurusan Teknik Kendaraaan Ringan
    terimakasih

  12. pendaftaranya dibuka kapan pak, kalo diumumkan lewat website, tolong beritahu link.nya

  13. Kapan nihh belajarnya mohon info

  14. kapan pendaftaran mahasiswa barunya pak?

  15. kalo saya daftar thn ajaran 2015/2016 maka saya termasuk angkatan yang ke berapa ? kedua atau ketiga ?

  16. Saya ingin tanya untuk perempuan itu pnempatan nya di bagian apa ?

  17. maaf pak mau tanya .klo lulusan 2012 bisa masuk ap gk.dan persaratanya ap saja….terimakasih pak

  18. Permisi mau nanya apakah SMA jurusan ips boleh daftar?

  19. permisi,
    kapan ya kira-kira penerimaan mahasiswa baru atkp tahun ajaran 2015/2016??
    kok saya nyari” online gk ketemu”?
    terimakasih

  20. apa di daerah surabaya ada akademi perkeretaapian ???
    jika ada ???
    jurusan apa saja yg terkait ???

  21. assalaamualaikum saya mau tanya jalur masuk sekolah ilmu perkereta apian apa aja?

  22. sebutkan jalur masuk dan tanggalnya!

  23. syarat mendaftar dan jadwal nya kapan?

  24. dari jurusan ips apa bisa mendaftar di PT.INKA??

  25. Siang pak, mau tanya akademi perkeretaapian itu lokasinya dimana? Apakah ada di kediri ?
    Terimakasih

  26. assalamualaikum ..saya mau tanya kalau dari SMA jurusan IPS bisa kuliah di situ

  27. Saya dari jurusan Ips apakah bisa mendaftar di API ? mohon informasinya

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim