Banyuwangi Peringkat 11 Terkaya se-Indonesia

ilustrasi: antara.com

Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menduduki peringkat ke-11 dari daftar 50 kabupaten/kota terkaya se-Indonesia tahun 2012 yang dirilis oleh Warta Ekonomi Edisi 12 Tahun 2012.

“Dengan kata lain, Banyuwangi menduduki nomor dua terkaya di tingkat Jawa Timur, setelah Kota Surabaya yang menduduki peringkat ke-2 kabupaten/kota terkaya versi Warta Ekonomi,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Banyuwangi, Djuang Pribadi.

Sebanyak 11 kabupaten/kota terkaya versi Warta Ekonomi yakni peringkat pertama diraih Kabupaten Kutai Kartanegara, Surabaya, Kota Bandung, Siak, Bogor, Medan, Kutai Timur, Bengkalis, Kabupaten Bandung, Muara Enim, dan Kabupaten Banyuwangi.

Menurut dia, definisi kabupaten/kota terkaya versi Warta Ekonomi adalah daerah yang memiliki pendapatan daerah yang tinggi dengan didukung oleh daya tarik investasi yang tinggi, infrastruktur daerah yang lengkap, dan kualitas masyarakatnya.

“Pemeringkatan itu dilakukan dengan basis data kompilasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Keuangan dari tahun 2008-2011,” tuturnya.

Dalam penentuan indikator daerah terkaya, Warta Ekonomi menentukan empat variabel yang dianggap penting yakni daya tarik investasi daerah, pendukung infrastruktur, kualitas masyarakat, dan produk domestik regional bruto (PDRB).

Daya tarik investasi daerah menjadi penting karena menjadi faktor utama membuka akses pendapatan ke daerah, kemudian pendukung infrastruktur berperan penting sebagai roda penggerak ekonomi daerah dan dapat memperlancar jaringan distribusi antar daerah yang dapat meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan nasional.

“Kualitas masyarakat dianggap sebagai penentu kinerja perekonomian daerah karena sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dianggap akan berdampak besar terhadap jalannya aktivitas perekonomian dan berpengaruh pada pendapatan masyarakat,” paparnya.

Ia menilai pemeringkatan kabupaten/kota terkaya itu menjadi modal bagi Pemkab Banyuwangi untuk menarik investor dan meningkatkan potensi daerah masing-masing, bahkan pihak perbankan dapat memakai hasil riset itu untuk meningkatkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat. antara.com

6 Komentar Pembaca

  1. saya sebagai orang kab. banyuwangi
    semoga prasarana & jalan2 transportasi untuk segera di benahi
    karena ini sngat berpengaruh dalam peningkatan roda perekonomian semakin lebih maju
    terimakasih bupati kab. banyuwangi bapak anas

  2. saya sebagai pemuda banyuwangi merasa sangat bangga dengan kemajuan yang telah dicapai, semoga ini menjadi langkah awal mewujudkan banyuwangi yang sejahtera dan menjadi pelaku ekonomi yang diperhitungkan

  3. saya sbg warga bwi merasa itu palsu, krn SDM yg dilaporkan telah “mumpuni” hanya sebatas ungkapan belaka..

  4. saya BANGGA jadi anan banyuwangi (LAROS)

  5. saya bangga menjadi warga bwi
    smoga saya dpat melestarikan dan menjadikanya lebih baik daripada apa yg dikatakan trb.
    karena hal tersebut blum semua, nmun itu hanya sbgian daripada kota banyuwangi tercinta
    salam pemuda penerus bangsa

  6. Kualitas yg mumpuni menurut saudara yg seperti apa???
    Saya sebagai orang banyuwangi yg melihatt komentar saudara yg sedikit menyepelekan orang banyuwangi merasa tidak terima,,
    Saudara sudah punya “apa” berani bilang klo SDM orang banyuwangi tidak mumpuni????
    Maaf,, klo agak terkesan kasar

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim