Potensi Hortikultura Lumajang Melimpah

iustrasi: sawahkita.com

Keinginan Gubernur Jawa Timur untuk menolak masuknya produk hortikultura impor berupa sayur dan buah-buahan dari luar negeri agar jangan sampai masuk ke pasaran lokal, mendapatkan dukungan penuh dari Pemkab Lumajang. Pasalnya, saat ini potensi hortikultura lokal yang dikembangkan oleh para petani agrobisnis di Jawa Timur, tidak kalah kualitasnya dengan produk impor tersebut.

Bahkan, potensi yang dimiliki berbagai wilayah Kabupaten/Kota untuk produk pertanian dalam jenis Hortikultura sangat memadai dan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan di Jawa Timur. Malah, produk hortikultura di Jawa Timur juga dinilai layak untuk bersaing di pasangan internasional.

Hal itu yang disampaikan Ir Nurul Huda Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Lumajang ketika dikonfirmasi Sentral FM Lumajang. Dikatakannya, saat ini Pemkab Lumajang tengah mendorong laju investasi tidak hanya dalam bentuk pertambangan saja.

”Pasar produk pertanian seperti hortikultura sudah kita bidik sejak lama. Karena, pembinan untuk produk Hortikultura kepada petani sayuran dan buah-buahan di Lumajang telah intensif dilaksanakan sejak cukup lama,” papar Ir Nurul Huda.

Kondisi untuk menggenjot pertumbuhan produk Hortikultura di Kota Pisang ini, terus berkembang seiring pembinaan yang telah dilaksanakan intensif oleh Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Lumajang.

”Bahkan, jika pada awalnya potensi hortikultura Lumajang ini berkembang melimpah dengan target bisa memenuhi pasar di Jawa Timur, kini bisa memenuhi target pasar nasional dan bahkan ke regoinal di Negara-Negara ASEAN. Ini dibuktikan dengan kunjungan Menteri Pertanian (Mentan) RI beberapa waktu lalu yang menyatakan, potensi hortikultura Lumajang ini sangat layak untuk pasar Internasional dengan pembinaan yang lebih baik lagi,” paparnya.

Bahkan, jika saat ini pasar Singapura dan Malaysia bisa masuk, selanjutnya pasar di negara-negara lain bisa dibidik. Dengan fakta itu, produk Hortikultura dari Kabupaten Lumajang yang sejauh ini telah dipetakan melalui sentra pertanian di berbagai wilayah Kecamatan untuk berbagai produk yang ada, dinyatakan Kabag Perekonomian Pemkab Lumajang, siap memenuhi kebutuhan di dalam negeri dan luar negeri dengan mutu yang tidak kalah bersaing. suarasurabaya.net

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim