Petani di Jawa Timur Ekspor Kentang ke Singapura

ilustrasi:bisnis.com

Setelah harga kentang lokal sempat terpuruk karena masuknya kentang impor asal China beberapa waktu lalu, kini para petani kentang di kota Batu, Jawa Timur bisa sedikit bernafas lega setelah berhasil mengekspor kentang ke negara tetangga.

Kemitraan yang dijalin antara Gabungan Kelompok Tani, Bank Indonesia (BI), dan pemerintah kota Batu, Jawa Timur terhadap 27 petani kentang di Desa Sumber Brantas kota Batu ternyata berdampak positif bagi peningkatan mutu dan harga kentang granula di pasaran.

Bahkan, karena kualitas kentang, hasil tanaman petani di kaki gunung Arjuno ini mampu bersaing dengan kentang impor. Sejak awal Maret 2012, kentang hasil tanaman petani yang tergabung dalam kelompok tani mitra arjuna telah mengekspor 35 ton kentang ke Singapura.

Mardiono salah satu petani di Desa Sumber Brantas,Bumi Aji Kota Batu, Sabtu (3/3/2012) mengatakan bibit kentang asal China yang dahulu sempat mengoyahkan harga kentang lokal ternyata kurang bagus untuk ditanam dan dikembangkan di Indonesia.

Berbeda dengan kentang jenis granula, pembibitan asal Australia yang mampu menghasilkan kentang berkualitas. Adapun Untuk satu hektare (ha) lahan kentang granula asal Australia ini mampu menghasilkan 25 ton kentang siap ekspor.

Selain hasil panen yang terus meningkat, harga kentang jenis granula ini dalam dua bulan terakhir juga terus membaik. Harga kentang kualitas ekspor di pasar dalam negeri mencapai Rp5 ribu-Rp7 ribu per kilogram (kg).

Sementara itu, keberhasilan mengeskpor kentang hasil tanaman petani di kota Batu, menurut Ketua Gapoktan Mitra Arjuna Luki mengatakan selain pola pembinaan yang dilakukan secara terus menerus juga karena dukungan dana dari BI dan pemerintah Kota Batu.

Dalam tahap awal kentang yang diekspor ke negeri Singa ini mencapai 35 ton setiap bulannya. Dia menambahkan, melihat kualitas dan harga kentang hasil tanaman petani di Kota Batu mampu bersaing dengan kentang dari negara lain.

Tidak tertutup kemungkinan, jumlah ekspor kentang akan terus meningkat seiring permintaan kentang di pasar internasional yang terus bertambah.

(Sumber: Okezone.com)

4 Komentar Pembaca

  1. aneh, tulisan ini persis sama dengan tulisan di http://economy.okezone.com/read/2012/03/03/320/586360/petani-di-jawa-timur-ekspor-kentang-ke-singapura. saya tidak tau mana yang menjiplak dan mana yang tidak, tapi saya pikir website ini yang jiplak liahat saja tanggal terbitnya dan gak di revisi nama varietas kentangnya –>> hati2 tanpa ada link nya ada bisa di tuntut jiplak/plagiat.

    • Kan emang udah disebutkan sumbernya dari Okezone.com. Semoga kita bisa saling berbagi dan semakin bermanfaat

    • sumber sudah tertulis di bawah.

  2. dimana saya bisa mendapatkan bibitnya?thx

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim