Tinggi, Kontribusi Cukai Tembakau Jatim

ilustrasi: kompas.com

Produk Jawa Timur menguasai 60 persen pasar rokok nasional dengan kontribusi cukai tembakau mencapai Rp 30 triliun.

Dari total kapasitas produksi rokok nasional 240 miliar batang per tahun, Jatim menyumbang 180 miliar batang rokok. Nilai ini merupakan hasil dari lahan seluas 102.000 hektar yang tersebar di 22 kabupaten dan kota di daerah ini.

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengungkapkan hal itu pada pembukaan Workshop Improving Na-Oogst Tobacco Marketing Pattern And Developing Virginia Tobacco For Imports Substitution In East Java di H otel JW Marriot Surabaya.

Produksi tembakau dari Jatim setiap tahun rata-rata mencapai 81.000 ton atau 56,9 persen dari produksi nasional.

Faktor itu salah satu alasan bagi Pemprov Jatim tidak serta merta menolak pengendalian dampak produk tembakau terhadap kesehatan. Kendati demikian tetap ada upaya pengendalian dampak tembakau terhadap kesehatan dengan tidak membuat larangan merokok kecuali pada anak-anak. Sebab, jika larangan merokok meluas, maka otomatis merugikan Jatim sebagai penghasil tembakau terbesar di Indonesia.

Komitmen Pemprov Jatim terhadap pertembakauan tetap mendukung setiap kegiatan terkait pengembangan pertembakauan, selama pasar masih ada. Apalagi perlu langkah konkrit untuk mempertahankan eksistensi tembakau Naa-Oogst (NO) dan mengembangkan tembakau virginia sebagai substitusi impor sebesar 36 .000 ton.

Sementara Direktur Utama PTPerkebunan Nusantara X (Persero) Subiyono mengatakan, pemasaran tembakau Besuki NO bersifat oligopsoni yaitu pasar didominasi beberapa pembeli yang memiliki kontrol terhadap pembelian dan harga, sehingga PTPN X berada di posisi tawar yang lemah.

“Manajemen PTPN X telah menetapkan dan mengambil langkah strategis dengan mengadakan kajian bisnis di bidang budi daya, kelembagaan, sumber daya manusia, manajemen dan keuangan untuk menciptakan peluang bisnis, agar kinerja meningkat,” katanya. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim