Jumat, 31 Oktober 2014

Visi dan Misi

Memperhatikan perubahan paradigma dan peranan perencana pada masa yang akan datang, yaitu yang lebih menonjolkan peran sebagai fasilitator, mediator, dan inovator dalam pelaksanaan pembangunan, Bappeda Provinsi Jawa Timur di masa depan, dituntut untuk lebih mampu mengelola perubahan yang semakin kompleks dan cepat.

Bappeda Provinsi Jawa Timur sebagai bagian dari sistem pemerintahan di Jawa Timur dalam menetapkan visinya berdasarkan fungsi dan tugas pokoknya didasari oleh visi pembangunan Jawa Timur yaitu terwujudnya masyarakat Jawa Timur yang maju, berdaya saing, sejahtera dan berakhlak mulia dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia.

Visi

Visi yang dimaksudkan adalah cara pandang jauh ke depan yang didalamnya mencerminkan apa yang ingin dicapai dan kemana organisasi akan diarahkan, sehingga pada gilirannya Badan Perencanaan Propinsi Jawa Timur dapat menjadi dinamisator dan akselator pelaksanaan tugas pembangunan dan pemerintahan di bidang perencanaan pembangunan.

Untuk melaksanakan wewenang dan tanggung jawab tersebut serta berkaitan dengan tugas pokok Badan Perencanaan Pembangunan Propinsi Jawa Timur sebagaimana Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor : 10 Tahun 2008, maka ditetapkan visi “Mewujudkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah yang Profesional, Berkualitas dan Partisipatif”, yang maknanya adalah :

Profesional dan berkualitas adalah aparatur perencana yang memiliki kemampuan, kemahiran dan kearifan dalam pelaksanaan tugas berdasarkan ilmu pengetahuan dan pengalaman serta berpegang teguh pada etik profesi, memiliki self control dan berorientasi pada mutu/kualitas kinerja dengan cara kerja yang lebih efisien, efektif dan ekonomis, memiliki kepekaan yang tinggi terdapat kepentingan masyarakat serta masalah-masalah masyarakat.

Partisipatif adalah lembaga yang terbuka terhadap saran, usul, dan ide dari berbagai pihak, serta mampu menampung aspirasi masyarakat.

Misi

Misi merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan visi yang ditetapkan, oleh karenanya Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi Jawa Timur menetapkan misinya sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana pembangunan ekonomi, prasarana wilayah, pemerintahan dan kemasyarakatan yang berkualitas guna mendorong perkembangan dan kemajuan masyarakat..
  2. Menyusun rencana kebijakan anggaran pembangunan daerah yang akurat dan rasional.
  3. Meningkatkan sinergi perencanaan pembangunan daerah guna mengakomodasikan berbagai program pembangunan dan kepentingan masyarakat.
  4. Melakukan pengendalian, monitoring dan evaluasi kinerja pembangunan yang dapat dipertanggungjawabkan

Oleh karenanya dalam mewujudkan misi tersebut aparat perencana dituntut menjunjung tinggi aktivitas dalam membangun persepsi dengan pendekatan yang komprehensif, lintas disiplin dan lintas sektor. Mengutamakan kerja keras dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara terencana serta mampu mempertimbangkan segala tindakan dengan mengukur kemampuan potensi sumber daya yang dimiliki dengan memperhatikan dan mampu menyiasati perkembangan kondisi lingkungan eksternal.

Disamping itu juga dapat merumuskan perencanaan dengan kerangka pikir dan idea yang bisa diterima berbagai kalangan yang bertumpu pada norma-norma dan peraturan perundangan yang berlaku. Mengembangkan kreatifitas yang tidak pernah surut sesuai dengan panggilan jaman dan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

© Copyright 2014. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim