Wagub Emil Ajak IPHI Jombang Jaga Sinergitas Umat Beragama Melalui Ruh Pancasila

Peringatan Hari Pancasila Tahun 2022

JOMBANG, 1 JUNI 2022 – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menghadiri Halal Bi Halal bersama keluarga besar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jombang yang digelar di Aula Akper Ponpes Darul Ulum Jombang pada Rabu (1/6) pagi.

Bertepatan dengan momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Wagub Emil Dardak mengajak keluarga besar IPHI Jombang untuk bersama-sama menjaga sinergitas umat beragama utamanya umat Islam di Jawa Timur.

Memaknai Sila pertama Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, Wagub Emil menekankan bahwa kehadiran negara bukan hanya sebagai pemberi kebebasan beragama, namun lebih kepada menjaga keharmonisan dan kebersamaan antar umat.

“Negara hadir bukan hanya memberi kebebasan dalam beragama, tetapi lebih kepada bagaimana nyengkuyung keberagaman agama itu sendiri,” tutur Wagub Emil.

Ketuhanan Yang Maha Esa menjadi pondasi bangsa Indonesia, sepatutnya juga menjadi pondasi jajaran pemerintah dalam menjalankan pemerintahan. Dirinya percaya bahwa berbagai ikhtiar yang dilakukan tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada restu dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa.

Lebih lanjut Wagub Emil mencontohkan, sebagai umat Islam, sewajarnya pemerintah juga memberi perhatian bagi para Takmir Masjid, Hafidz dan Hafidzah. Hal ini tidak lain dari upaya bersama menjaga nyengkuyung dalam Islam itu sendiri.

“Disini jugalah negara hadir. Untuk nyengkuyung bersama,” tegasnya.

“Jadi hakikinya kita sebagai bangsa Indonesia yang beragama, maka genapkanlah rukun islam dan rasapilah rukun iman,” lanjut Wagub Emil.

Di sisi lain, Wagub Emil juga berterima kasih atas peran IPHI atas upayanya dalam melakukan pembinaan pasca Ibadah Haji. Wujud kerukunan dan kebersamaan ini diharapkan biss terus dijaga sebagai wadah nostalgia bagi masyarakat yang sudah melaksanakan ibadah Haji.

“Monggo, IPHI bisa gandeng dengan Baznas, Badan Wakaf Nasional atau badan lainnya, agar semangatnya tetap dijaga, supaya kemabruran kita terjaga,” pungkas Wagub Emil.

(Sumber: Biro Humas Pemprov Jatim)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2022. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim