Musrenbangnas 2021 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022

Ilustrasi

Musrenbangnas Tahun 2021

#SahabatPembangunan,
Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan Musrenbangnas 2021 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022 bertema “Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”
Pembukaan Musrenbangnas 2021 yang dilaksanakan secara daring dan luring dari Istana Merdeka dan Kementerian PPN/Bappenas pada Selasa (4/5), dibuka oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo dengan didampingi Menteri PPN/Kepala Bappenas Bapak Suharso Monoarfa, Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Bapak Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Bapak Pramono Anung.
Dalam sambutannya, Bapak Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pentingnya bagi kita semua segera bergerak cepat dengan meyusun Strategi Indonesia Bangkit dari Pandemi. Strategi Indonesia Bangkit dari Pandemi diselaraskan dengan tema yang diusung dalam penyusunan RKP 2022 dan menghasilkan 7 (tujuh) Prioritas Nasional RKP 2022  yaitu:
  1. Memperkuat Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan yang Berkualitas dan Berkeadilan;
  2. Mengembangkan Wilayah untuk Mengurangi Kesenjangan dan Menjamin Pemerataan;
  3. Meningkatkan SDM Berkualitas dan Berdaya Saing;
  4. Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan;
  5. Memperkuat Infrastruktur untuk Mendukung Pengembangan Ekonomi dan Pelayanan Dasar;
  6. Membangun Lingkungan Hidup Meningkatkan Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim; dan
  7. Memperkuat Stabilitas POLHUKHANKAM dan Transformasi Pelayanan Publik.
Selanjutnya, dalam pelaksanaan Pemulihan Ekonomi 2022 BAPPENAS berperan sebagai Clearing House yang bertugas untuk memastikan pemulihan ekonomi nasional dengan Peningkatan daya beli dan usaha,
Selain itu, Musrembangnas tahun 2021 ini, juga mengemas beberapa agenda yaitu Penganugerahan Penghargaan Pembangunan Daerah 2021 yang diikuti  Pemerintahan Provinsi ataupun Pemerintahan Kabupaten/Kota se-Indonesia. PPD tahun 2021 ini menganugerahkan penghargaan dalam beberapa kategogi. Provinsi Sumatera Barat dinobatkan sebagai Provinsi terbaik Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Provinsi. Disusul dengan penganugerahan  Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kabupaten yang diperoleh Kabupaten Bangka. Serta Penganugerahan Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kota kepada Kota Semarang. Berikutnya dalam agenda yang lain, juga dinobatkan beberapa Daerah yang menerima Penghargaan Khusus. Diantaranya Pemerintahan Kota Pekanbaru dengan Inovasi Pembiayaan Alternatif Skema KPBU, Pemerintahan Provinsi Bali dengan Inovasi Ekonomi Hijau dan Rendah Karbon.
Sumber: Bappenas RI/Kementerian PPN
#Bappenasri #MembangunIndonesia #Musrenbangnas2021 #RKP2022

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2548. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim