Enam Gubernur Bersaing Dalam Penghargaan Nirwasita Tantra KLHK 2018

Foto bersama Gubernur Jatim dalam Penghargaan Nirwasita Tantra KLHK 2018. Foto:Istimewa

Sebanyak enam provinsi bersaing mendapatkan penghargaan nasional bidang lingkungan hidup Nirwasita Tantra Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) 2018.

Ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Selain penilaian Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD), Gubernur dari enam provinsi calon penerima diminta memaparkan keunggulan Green Leadership yang diterapkan di daerahnya di hadapan para penilai.

Melalui siaran pers KLHK, tiga gubernur, Pj. Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan, Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno tampil Senin (27/8).

Iriawan dengan terobosan utama ‘Citarum Harum’ memaparkan isu lingkungan yang paling disoroti Jawa Barat saat ini yakni kualitas air, resiko bencana, perkotaan, tata guna lahan, dan kualitas udara. Untuk itu, Jawa Barat melakukan inovasi dalam pengelolaan lingkungan hidup daerah melalui program Citarum Harum, Ecovillage, Tim Patroli Sungai, Konversi Kotoran Hewan Menjadi Energi, Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Daerah (Properda) dan Taman Kehati.

Ada empat sungai yang sudah tercemar berat akibat limbah domestik dan industri di Jawa Barat, terutama sungai Citarum. “Jika kami bisa menyelesaikan Citarum dalam tujuh tahun melalui program Citarum Harum, tentu ini akan menjadi pelopor bagi sungai dan kabupaten/kota lainnya di Indonesia,” tutur Iriawan.

Alex Nurdin dengan unggulan Jakabaring Sport City mengatakan, ada lima isu lingkungan hidup prioritas di provinsinya yaitu pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), restorasi gambut, peningkatan timbulan Sampah, penurunan kualitas air, serta energi baru terbarukan.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim