Dormitory Jadi Bagian Bangun Karakter Mahasiswa

Sambutan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo saat Ground Breaking Ceremony Airlangga Dormintory di Kampus C Unair, Surabaya, Senin (20/8). Foto:Istimewa

Dormitory atau asrama banyak memiliki manfaat bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa baru.  Salah satunya adalah menjadi bagian dalam membangun karakter.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo saat Ground Breaking Ceremony Airlangga Dormintory di Kampus C Unair, Surabaya, Senin (20/8).

Oleh karena itu, lanjut Pakde Karwo-sapaan akrab Gubernur Jatim itu, dormitory menjadi sebuah kebutuhan bagi kampus masa kini, karena banyak hal positif yang bisa dilakukan  para mahasiswa dalam mengisi waktu diluar jam kuliah di tempat ini, khususnya dalam hal membangun karakter. Di dalam dormitory pula, dapat diisi berbagai hal, termasuk kegiatan ekstrakulikuler yang mengajarkan tentang achievement, dan  membangun jiwa petarung.

Ditambahkan, secara tidak langsung, dormitory bisa menangkal pengaruh negatif dan menutup faham radikal di lingkungan mahasiswa. “Dengan budaya khas yang dimiliki Jatim, dormitory bisa menjadi bagian dalamdalam mengisi waktu luang mahasiswa dan sekaligus menjadi bagian penting dalam memupuk local wisdom,” ujarnya.

Melihat begitu pentingnya peran dormitory, Gubernur Jatim mendukung pembangunan dormitory UNAIR tersebut.  Dicontohkan, pada tahun 2015 didirikan asrama di Surabaya untuk mahasiswa Madiun yang berkuliah di Surabaya, tetapi tidak semua mahasiswa bisa menjadi penghuninya, karena diutamakan mahasiswa bidik misi. Dengan dormitory itu, mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang sejahtera juga bisa terbantu. “Keberadaan dormitory harus bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, “ harapnya.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 4463. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim