Gubernur : UMKM Sumbang Perekonomian Jatim 54,98 Persen

Gubernur Jatim, H Soekarwo dalam sambutan Pembukaan The “6 Koperasi & UMKM Expo 2018 di Grand City Surabaya.

Pada 2017, Kontribusi pendapatan koperasi terhadap PDRB Jawa Timur sebesar Rp 13,35 triliun. Sementara kontribusi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menyumbang sebesar Rp 1.161 triliun atau 54,98 persen dari total Produk Domistik Regional Bruto (PDRB).

Perkembangan koperasi dan UMKM di Jawa Timur pada hasil sensus UMKM Jawa Timur pada 2008 sebanyak 4,2 juta pada Tahun 2013 meningkat menjadi 6,8 juta kemudian dari sensus nasional UMKM pada 2017 meningkat lagi menjadi 9,59 juta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4,61 juta merupakan UMKM yang bergerak disektor agrobis serta 4,9 persen merupakan UMKM yang bergerak disektor non agrobis. Yang terbesar di kabupaten Sidoarjo dan bisa menyerap sebanyak 94,07 persen tenagakerja di Jawa Timur. “Sedangkan sisanya 1,83 persen tenaga kerja di Jawa Timur diserap di industri besar,” ujar Gubernur Jatim, H Soekarwo dalam sambutan Pembukaan The “6 Koperasi & UMKM Expo 2018 di Grand City Surabaya, Rabu (15/8) sore.

Menurut Soekarwo, kondisi tersebut merupakan pilihan yang paling tepat bagi pebisnis disektor agrobis UMKM di Jawa Timur dimana usahanya terus berkembang maju dan tidak pernah mengalami kerugian meskipun untungnya tidak terlalu besar. Dengan majunya perkoperasian yang ditunjang dengan majunya sektor UMKM tersebut menjadikan Jawa Timur tahan goncangan terhadap kekurangan bahan baku untuk industri berskala UMKM. Disamping itu, meningkatnya nilai tukar dollar AS terhadap rupiah yang menembus Rp 14.600/dollar AS akhir-akhir ini tidak mempengaruhi industri UMKM. “Karena bahan baku industri UMKM dipenuhi didalam negeri sendiri,” tuturnya.

Pertumbuhan inklusi yang cukup baik tersebut juga mengurangi jumlah pengangguran dari sebelumnya 18,51 persen pada 2010 menjadi 10,98 persen pada Maret 2018 atau berkurang sekitar 7,53 persen. Pengurangan pengangguran dan kemiskinan diperkirakan akan terus berkurang berkat adanya sumbangan sektor koperasi dan UMKM di Jawa Timur yang terus tumbuh dengan baik.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 7120. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim