Ramadan, Dinas Ketahanan Pangan Kota Kediri Lakukan Sidak

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri melakukan operasi mendadak (Sidak) di beberapa pasar tradisional, Selasa (22/5). Foto: Istimewa

Minggu pertama Ramadan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri melakukan operasi mendadak (Sidak) di beberapa pasar tradisional, Selasa (22/5). Kegiatan dilakukan untuk mengantisipasi adanya daging gelonggong dan cacing.

Kepala UPTD Rumah Potong Hewan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri, Hari Sodin mengatakan, bahwa dalam sidaknya kali ini dirinya beserta tim melakukan pemeriksaan ke beberapa kios penjual daging sapi, daging kambing dan babi. Namun dalam pemeriksaan kali ini tidak ditemukan adanya daging yang tidak layak jual.

Menurut pantauannya hasil sidak tersebut semua daging yang dijual cukup baik. Hal ini membuktikan bahwqa dari semua sapi yang dipotong rata – rata sapi lokal dari kabupaten dan kota kediri sendiri kemudian dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Kediri sehingga dagingnya cukup terjaga kualitasnya.

Dijelaskan pula bahwa untuk stok daging di Kota Kediri masih mencukupi untuk kebutuhan Ramadan kali ini. Kebutuhan perhari untuk Kota Kediri yang dipotong di RPH Kota Kediri saat ini kisaran 15 – 16 ekor sapi. Namun, untuk awal Ramadan ini pemotongan justru menurun. Pada hari pertama puasa RPH hanya memotong 4 ekor sapi.

Hari Sodin juga menjelaskan bahwa untuk awal Ramadan kali ini belum terlihat adanya kenaikan harga. Dan diperkirakan sampai pertengahan Ramadan harga daging akan terus stabil. Harga daging di Kota Kediri sekarang belum ada kenaikan sejak dari awal tahun 2018 kemarin. Diperkirakan nanti di H-7 Lebaran terahir itu baru akan terasa ada kenaikan. Sementara untuk harga daging yang paling bagus di Kota Kediri saat ini rata-rata dikisaran harga  Rp 95.000 /kg.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2021. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim