Jatim Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik

Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat kepada Gubernur Jawa Timur Soekarwo

Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Grand Sahid Jaya,Jakarta, Senin (30/4). Musrenbangnas digelar dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019.

Dalam kesempatan itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro turut memberikan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD). PPD kali ini diberikan kepada tiga provinsi terbaik, tiga kabupaten terbaik dan tiga kota terbaik.

“Sejak tahun 2011 secara rutin kami memberikan Anugerah Pangripta Nusantara kepada Pemerintah Daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik. Namun, mulai 2018, penghargaan tersebut berubah nama menjadi PDB,” kata Menteri Bambang dalam sambutannya.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menerima ucapan selamat dari Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla (30/4)

Kata Bambang, penilaian penghargaan kini lebih komprehensif dengan tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan, namun juga pencapaian pembangunan daerah.

Penjurian sendiri dilakukan melalui proses berjenjang dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk dari kalangan profesional, akademisi serta praktisi pembangunan. Objek dan ruang lingkup penilaian mencakup dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah.

Foto Kepala Daerah peraih Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2018 bersama Bapak Presiden Joko Widodo dan Menteri PPN/Bappenas Bappenas Bambang Brodjonegoro

“Penghargaan Pembangunan Daerah adalah bentuk apresiasi atas kerja keras daerah dalam merencanakan dan mencapai target pembangunan. Saya berharap, penghargaan ini mampu mendorong setiap daerah, baik di tingkat provinsi, kabupaten, hingga kota, untuk berlomba-lomba menyiapkan dokumen RKPD secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan,” jelas Menteri Bambang.

Berikut Peraih Penghargaan Pembangunan Daerah 2018:

Kategori Pencapaian dan Perencanaan Terbaik Tingkat Provinsi:
1. Provinsi Jawa Timur
2. Provinsi Sumatera Selatan
3. Provinsi Bali

Kategori Pencapaian dan Perencanaan Terbaik Tingkat Kabupaten:
1. Kabupaten Tegal
2. Kabupaten Lombok Utara
3. Kabupaten Banyuwangi

Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kota:
1. Kota Palu
2. Kota Palembang
3. Kota Surakarta

Komentar Pembaca

  1. Provinsi Jatim memang TOP dari dulu, banayak sekali prestasi yang telah di raihnya. Dan kali ini mendapat penghargaan pembangunan. Maju terus Jatim. Terimakasih.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim