Gubernur Apresiasi Pengawasan UNBK Lewat CCTV

akde Karwo melihat proses pengawasan pelaksanaan Unas di SMKN 2 Surabaya melalui layar CCTV di ruang pengawas Foto:Istimewa

Gubenur Jatim Dr. H. Soekarwo memberikan apresiasi atas pengawasan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) lewat CCTV. Hal ini penting dilakukan karena akan memberi efek kejujuran pada setiap siswa, guru, dan semua komite pendidikan.

“UNBK Jatim tahun ini sudah 100%, namun menariknya pengawas justru berada di luar, dan siswa hanya diawasi oleh CCTV. Ini bentuk kreatifitas yang sangat bagus, dan membuktikan semangat kejujuran dalam pelaksanaan UNBK,” terang Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMKN 2 Surabaya, Jl. Tentara Genie Pelajar No. 26, Petemon, Surabaya, Senin (02/04).

Menurut Pakde Karwo, ujian nasional/UN masih sangat penting dilakukan meskipun bukan penentu kelulusan. Lewat UN, bisa dilakukan pemetaan kualitas pendidikan masing-masing daerah di Jatim. Apalagi, beberapa sekolah kedinasan masih menggunakan nilai UN sebagai standar penerimaan seperti Akpol dan Akmil.

Selain itu, UN merupakan bentuk evaluasi pada proses pembelajaran atau transfer knowledge yang telah dilakukan di sekolah. Evaluasi ini sifatnya menyeluruh selain siswa, kualitas guru, dan metode dikdaktiknya juga akan dinilai “Melalui UN kita akan mengetahui kualitas pendidikan di Jatim, apakah diatas rata-rata, rata-rata,atau justru di bawah rata-rata,” ujarnya.

Pakde Karwo menambahkan, selain sekedar hasil UN yang harus didorong lagi yakni apakah pendidikan ini bisa menyelesaikan masalah kehidupan misalnya ketenagakerjaan. Inovasi dan kreatifitas perlu dilakukan sehingga bisa memenuhi permintaan pasar. “Kita perlu melakukan tabulasi pasar sehingga bisa mengetahui kecenderungan pasar tenaga kerja yang dibutuhkan,” imbuhnya.

Komentar Pembaca

  1. sayangnya untuk saat ini Ujian Nasional Bebasis Komputer sudah tidak ada, padahal pengadaan komputer dulunya sangat masive sekali.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim