Gubernur: TP PKK Provinsi Jatim Kumpulan Orang Hebat

Gubernur Jatim Dr H Soekarwo berbincang dengan Kaesang Putra Presiden RI Jokowi di Rakor Tim Penggerak PKK Provinsi Jatim di Hotel Utami Sidoarjo. foto:istimewa

Sepuluh tahun memimpin, Dra. Hj. Nina Soekarwo, M.Si berhasil membawa Tim Penggerak (TP) PKK Jawa Timur dan TP PKK kab/kota di Jatim meraih berbagai penghargaan nasional. Raihan prestasi ini membuahkan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada Bude Karwo-sapaan Ny. Hj. Nina Soekarwo, M.S

Ketua TP PKK Pacitan Hj. Luki Indartato, mewakili TP PKK kab/kota se Jatim menyerahan apresiasi itu berupa piagam penghargaan.

Penyerajan dilakukan pada  saat Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten Kota se Jawa Timur Tahun 2018 di Hotel Utami, Kab. Sidoarjo, Rabu(21/3).

Pemberian penghargaan tersebut,  Nina Soekarwo, mengatakan, prestasi yang diraih TP PKK Prov Jatim dan kabupaten/kota  karena kerja keras semua anggota. Terutama para kader yang ada di pelosok sampai dasawisma.

“Selain itu, TP PKK prov. Jatim juga bisa bekerjasama dengan Pemprov Jatim melalui sinergi program. Secara tidak langsung TP PKK Prov. Jatim menjadi mitra pemerintah,” ungkapnya.

Ketua TP.PKK Prov Jatim ini menjelaskan  peran dari Ketua TP. PKK di setiap kab/kota juga tidak kalah penting karena terjun langsung, berbuat untuk kepentingan masyarakat dan dirasakan  oleh masyarakat. Hal demikianlah yang menjadi kunci majunya TP PKK Jatim dan kab/kota .”Kedepan semua program yang direncanakan oleh PKK. Prov. Jatim harus lebih bersinergi dengan program prioritas nasional dengan tujuan mempercepat pembangunan,” imbuhnya.

Perpres No. 99 Tahun 2017 Berikan Keleluasaan

Terkait dengan penerbitan Perpres no.99 Tahun 2017 tanggal 2 November 2017 tentang gerakan PKK, menurut Bude Karwo, memberikan keleluasaan bagi TP. PKK, termasuk Jatim. Penerbitan perpres tsb, lanjutnya, lebih memberikan kepastian dan kekuatan hukum. “Ini wujud  kepedulian Presiden RI , Bp. Joko Widodo yang secara pasti mengetahui kerja nyata  dilakukan PKK. Terimakasih Bp. Presiden telah menerbitkan perpres ini,’ ujarnya.

Kedepan, lanjut Bude Karwo, perpres tersebut akan ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya Permendagri, sehingga  kerja PKK akan semakin konkrit karena adanya perencanaan yang harus disusun oleh PKK dan tertuang di dalam RPJM.

“Oleh sebab itu,  harus dilakukan penyempurnaan dan peningkatan terhadap fungsi manajemen program dan kelembagaan PKK. Hal tersebut memerlukan perhatian dan kesiapan bersama” ujarnya.

Kumpulan Orang Hebat

Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo dalam sambutannya  mengatakan  TP PKK Pov. Jatim merupakan wadah tempat berkumpulnya orang hebat. Hal tersebut  dikarenakan orang yang terlibat didalamnya tidak pernah  memikirkan materi.

“Yang dipikirkan hanya bagaimana cara membantu orang lain. Hal tersebut yang membuat saya salut, dan ini menjadi hal yang langka dalam kehidupan di masa sekarang,” tutur Pakde Karwo sapaan akrabnya.

Gubernur Jatim menjelaskan, Pemprov Jatim sangat terbantu dengan keberadaan TP PKK Prov. Jatim. Banyak kegiatan dan program yang disinergikan antara kedua belah pihak. Sebagai contoh terdapat  400 relawan yang siap mendampingi ibu hamil resiko tinggi (risti). ” para relawan dengan senang hati, mendampingi para ibu risti tanpa berfikir materi,” ujarnya.

Turut hadir pada rakor tersebut yaitu Kaesang ,putra dari Presiden RI, Joko Widodo. Pada kesempatan tersebut, Kaesang membagikan resep bagaimana memulai bisnis ecommerce untuk menunjang perekonomian. Secara tidak langsung, juga mengajari anggota TP PKK. Prov Jatim untuk lebih melakukan hal bermanfaat dan membuat anak muda lebih kreatif. (*)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim