340 Pendonor Darah Jatim Dianugerahi Kehormatan Satyalencana

Hebatnya mereka berdonor darah. foto:ist

Sebanyak 340 pendonor darah dari Jawa Timur dianugerahi Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial oleh Presiden Joko Widodo. Penghargaan tersebut diberikan atas partisipasi mereka yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 100 kali.

Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Timur, Djoni Irianto mengatakan, Jawa Timur masih menjadi provinsi terbanyak yang mendapatkan penghargaan Setyalencana Kebaktian Sosial diantara provinsi yang lain. Total seluruh Indonesia terdapat sebanyak 897 pendonor yang diundang ke Istana Bogor pada Minggu (17/12).

“Dari seluruh Jawa Timur, Kota Surabaya masih termasuk yang paling banyak mengirimkan pendonor 100 kalinya yaitu sebanyak 190 pendonor. Kita terus mendorong agar kabupaten/kota yang lain terus menggalakkan donor darah,” tutur Djoni, Senin (18/12).

Ia mengungkapkan, jumlah perolehan darah di Jatim sudah melebihi target yang ditetapkan oleh PMI Pusat yakni 2% dari jumlah penduduk. “Setiap bulannya stok darah kita lebih dari 2%, untuk itu stok darah kita melimpah bahkan sisanya didistribusikan ke provinsi lain yang membutuhkan,” ujarnya.

Secara khusus, Djoni mengapresiasi kabupaten/kota yang telah berhasil mengirimkan pendonor 100 kali pada penghargaan Tanda Kehormatan Setyalencana Kebaktian Sosial. Ia meminta seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur untuk terus menyosialisasikan pentingnya donor darah.

Seperti dikutip laman Sekretariat Kabinet (Setkab), Presiden mengucapkan terima kasih kepada para anggota PMI yang terus-menerus hadir di setiap wilayah yang membutuhkan bantuan, baik dalam kondisi bencana maupun saat ada rakyat Indonesia membutuhkan kantong darah untuk diselamatkan.

Ia berharap, penghargaan yang diberikan dapat menjadi motivasi bagi masyarakat lainnya untuk terus konsisten dalam melakukan donor darah guna menyelamatkan nyawa manusia. “Saya berharap agar pengabdian kemanusiaan Bapak/Ibu dapat menjadi sumber motivasi banyak orang untuk melakukan hal yang sama, untuk melakukan berbagai bentuk aksi kemanusiaan lainnya,” ungkapnya.

Presiden meminta agar PMI terus menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan dan melanjutkan keberhasilan program donor darah di seluruh pelosok Tanah Air sehingga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kepribadian setiap rakyat Indonesia. “Terus ingatkan orang bahwa setetes darah menyelamatkan nyawa seorang manusia,” ucap Presiden. (*)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim