Presiden Joko Widodo Apresiasi UKM Jawa Timur

Nina Soekarwo dan Presiden RI, Ibu Wakil Presiden RI di Stand Pameran Provinsi Jatim

Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi hasil karya seni UKM binaan Dekranasda Provinsi Jawa Timur. Salah satu karya yang  diapresiasi adalah perahu layar Mojopahit yang merupakan salah satu bentuk perahu layar pada jaman kerajaan Majapahit abad XIII.

Apresiasi disampaikan Presiden ketika meninjau stand Dekranasda Provinsi Jatim pada pameran “Kriyanusa” Dekranas, di Jakarta Convention Center, Rabu  (27/9).
Presiden Jokowi nampak sangat kagum metika mengamati dari dekat perahu layar sambil berdialog dengan si pembuat perahu H. Djuhhari Witjaksono.

Presiden juga berfoto bersama dengan latar belakang Perahu Layar tersebut  didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, dan ketua Dekranasda Jatim Dra H Nina Soekarwo MSi

Menurut Nina Soekarwo, dalam memajukan pengrajin UMKM di Jatim, Dekranasda Provinsi Jatim  selalu melakukan pembinaan dan  pelatihan. Selain itu, juga memfasilitasi pameran produk unggulan para pengrajin Jatim.

Diantaranya dengan mengikuti pameran “KRIYANUSA”  yang digelar Dekranas dari tgl 27  september – 1 Oktober di Jakarta Convention Center. Pameran ini merupakan pameran tahunan yang diselenggarakan Dekranas dengan peserta 381 stand, berasal dari Dekranasda seluruh Indonesia.

Dekranasda Provinsi Jawa  Timur, lanjut Nina Soekarwo, sudah sepakat mempromosikan produk UKM 38 kab/kota secara bergiliran melalui pameran. Kali ini  menampilkan 10 UKM untuk mengikuti pameran tersebut, yaitu tas anyaman (Surabaya), Tas (Sidoarjo), bordir Sidoarjo, batik tenun gedog (Tuban), batik (Trenggalek), batik (Tulungagung), keramik (Surabaya), glas painting (Malang), perhiasan (Malang) dan perahu layar Mojopahit (Mojokerto)

“Saya harapkan dari pameran ini produk dari stand Dekranasda Jatim bisa laris manis, dan tidak kalah pentingnya pasca pameran ini pemasarannya lebih baik lagi, serta ada kontinyuitas order dari para buyers,” harap Nina Soekarwo.

Untuk mengenalkan potensi pengarjin Jatim, selain melalui pameran di Indonesia, Dekranasda Provinsi Jatim juga menyediakan showroom untuk menampung produk UKM di beberapa Negara, yaitu  di Tianjin (RRT) dan Singapura. Produk antara lain, alas kaki, sepatu, batik, home decoration, dan makanan minuman ringan.
“Pameran terakhir di Rusia sekitar Agustus lalu berjalan sukses, dan tidak menyangka kerajinan kuit dan bordir juga digemari masyarakat disana,” imbuhnya.(*)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim