Pentingnya Pendekatan Keadilan Selesaikan Problem Sosial

Pakde Karwo dalam Seminar Nasional di Kampus Brawijaya

Gubernur Jatim Memberikan Sesi Tanya Jawab Kepada Perwakilan BEM Dari Pulau Merauke Dalam Diskusi Nasional Kupas Tuntas Jatim Dalam Bingkai Kebhinekaan Di Kampus UNIBRAW Malang

Pakde Karwo, mengungkapkan, pentingnya pendekatan keadilan dalam menyelesaikan problem sosial.

Pendekatan keadilan tersebut sejalan dengan Pancasila yang menjadi kontrak konstitusi negara. Utamanya pada sila kelima yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Kata Pakde Karwo, problem sosial di negara ini merupakan fokus penting bagi kita. Sebab itu pendekatan keadilan harus dieterapkan dengan langkah-langkah konkrit.

Ungkapan Pakde Karwo itu, Gubernur Jawa Timur, disampaikan pada saat Seminar Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa/BEM seluruh Indonesia di Guest House Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jumat (8/9).

Pakde Karwo juga menjelaskan, langkah konkrit dalam menerapkan konsep kerakyatan diantaranya dengan peduli pada UMKM. Pemberian suku bunga murah dan tidak mengenakan pajak pada pengusaha kecil.

Industri kecil atau UMKM harus dibantu sebab kontribusinya terhadap PDRB cukup besar, dan setiap tahunnya mengalami peningkatan 9,5 persen. “Negara harus benar-benar hadir memberi interfensi pada masyarakat khususnya industri kecil di level small medium enterprise/ SME,” tegas Pakde Karwo.

Menurut Pakde Karwo, perbankan harus memihak pada pada masyarakat kecil, apalagi saat ini suku bunga bagi industri kecil justru mencapai 18 persen sedangkan yang besar hanya 14 persen.

Oleh sebab itu, Jawa Timur telah membuat peningkatan akses perbankan dengan membentuk Bank UMKM dan Tani. Selain itu juga dibentuk PT Penjaminan Kredit Daerah/Jamkrida sebagai penjamin bagi mereka yang feasible namun tidak bankable.

“Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menerapkan model loan agreement dengan sasaran UMKM di sektor primer dan sekunder. Suku bunganya pun cukup murah atau di kisaran 7 hingga 9 persen,” urainya. (*)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim