Jatim Tawarkan Bangun Pabrik Kelapa pada Thailand

Dubes Thailand, Wagub Jatim Gus Ipul, Fattah Jasin berfoto bersama.

Perdagangan Jawa Timur dengan Thailand diharapkan semakin meningkat sehingga minus perdagangan antara Jawa Timur dengan Thailand diharapkan terus bisa dipangkas.

“Kalau bisa lebih banyak kerjasama lagi terutama bidang perdagangan. Sehingga kita bisa memangkas minus perdagangan,” ujar Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat menerima Dubes Thailand untuk Indonesia Pitchayapant Charnbhumibol di Ruang Kerjanya, Selasa 29 Agustus 2017.

Gus Ipul mengatakan salah satu komoditas perdagangan yang potensial untuk diekspor ke Thailand adalah buah-buahan. Berdasarkan data Pusdatin Kemendag hingga Juni 2017, komoditas buah-buahan Jatim yang diekspor ke Thailand mencapai US8.108.658 dolar dengan berat 31.002.365 kg.

Dari data yang ada pada tahun 2015, Jatim mengalami defisit perdagangan dengan Thailand minus US459,16 juta dolar. Rinciannya, ekspor Jatim ke Thailand mencapai US404,11 juta dolar dan impor dari Thailand mencapai US863,27 juta dolar.

Sedangkan pada tahun 2016, defisit perdagangan Jatim dengan Thailand mencapai minus US461,50 juta dolar dengan rincian ekspor mencapai US425,96 juta dolar dan impor mencapai US887,46 juta dolar.

Selain peningkatan bidang perdagangan, Gus Ipul menawarkan kepada para investor Thailand untuk membangun pabrik kelapa di Jatim. Dari data yang dimiliki Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Jatim, kelapa menjadi salah satu komoditas yang cukup banyak diekspor ke Thailand.

Sementara itu, Dubes Thailand untuk Indonesia Pitchayapant Charnbhumibol mengatakan, pihaknya menerima kerjasama yang baik antara Thailand dengan Jatim.

Kerjasama bisa dilakukan pada bidang perdagangan, investasi, agrikultur, pariwisata, pendidikan. Selain itu juga bisa dikembangkan sister province antara Jatim dengan salah satu provinsi di Thailand. (*)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim