Jatim Rampungkan Batas Wilayah

Sekdaprov Jatim menerima penghargaan Mendagri. foto:humasprovjatim

Mendagri Beri Apresiasi Tinggi

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memperoleh penghargaan Menteri Dalam Negeri,Tjahyo Kumolo. Penghargaan diberikan setelah Jawa Timur dinilai berhasil menyelesaikan batas daerah di tahun 2016. Penghargaan diterima Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Akhmad Sukardi, MM., di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (10/5).

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada Pemprov Jatim yang dinilai berhasil menyelesaikan batas daerah di tahun 2016. Batas wilayah ini juga memberi arti penyelesaian dan kepastian pola tata ruang wilayah di daerah sehingga memberikan dampak tertib administrasi pemerintahan dan meminimalisasi konflik perbatasan/permasalahan kependudukan.

Penghargaan tersebut diharapkan kabupaten dan kota, setelah diterbitkan Permendagri tentang batas daerah untuk segera melakukan perapatan pilar sebagaimana amanat Permendagri 76 th 2012 tentang Pedoman Penegasan Batas Daerah.

Tahun 2017 ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama dengan Tim Penegasan Batas Pusat/Kemendagri akan menyelesaikan percepatan sebanyak 12 segmen batas daerah di Kab/Kota di Jawa Timur.

Mendagri minta agar setiap daerah bisa memetakan kondisi wilayahnya. Pemetaan wilayah tersebut dapat dijadikan ukuran dalam mendeteksi bencana alam dan kebakaran yang terjadi sehingga kerawanan bencana/kebakaran dapat dicegah dan dihindari.

Akhmad Sukardi mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah karena Pemerintah Provinsi Jawa Timur dinilai berhasil menyelesaikan  11 segmen batas daerah, Jambi 9 dan Bali 4 segmen batas daerah.

Menurutnya, batas wilayah membutuhkan penanganan secara cepat, tepat, dan akurat. Hal ini, karena batas daerah yang tidak jelas kerap memicu konflik antar daerah, terutama menyangkut masyarakat yang berada di wilayah perbatasan. (*)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim