Fenomena 24 Sumur Ambles di Kediri Jadi Perhatian Pemerintah

Fenomena sumur ambles di Kediri. foto:istimewa

Fenomena sumur ambles di Desa Manggis Kecamatan Puncu, Kabupaten  Kediri menjadi perhatian serius Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Respon dari fenomena ini Pemerintah melakukan kajian mendalam terhadap fenomena yang terjadi.

Tim dari Pusat Air Tanah dan Geologi Lingkungan Badan Geologi Bandung bersama Tim Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Provinsi Jawa Timur dengan cepat melakukan peninjauan di lapangan.

Seperti diberitakan, terjadi fenomena puluhan sumur ambles yang berlangsung sejak Senin (24/4). Kronologi sumur ambles diawali pukul 17.30 WIB. Ada 17 sumur warga di Dusun Nanas Desa Manggis Kecamatan Puncu tiba-tiba ambles dengan diameter lubang antara 2 hingga 3 meter.

Hal yang sama juga terjadi di  Dusun Dorok dan Dusun Jambean di desa yang sama. Total sebanyak 42 sumur yang ambles. Kejadian serupa berlanjut di Hari Rabu (26/4) Pukul 11.00 WIB, ada 4 sumur warga Dusun Nanas, dan terakhir di hari Kamis (27/4) pukul 12.00 ada juga 1 sumur yang ambles.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, Sudarmawan, menjelaskan, kejadian tersebut telah menyebabkan kerugian materi, meski tidak ada korban jiwa. Jumlah total kerugian yang diderita warga tak kurang dari 220 juta rupiah lebih.

Beberapa langkah telah diambil pemerintah, yakni pengecekan langsung dan pendataan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri. BPBD Kabupaten Kediri belum dapat menyimpulkan penyebab fenomena alam tersebut. Kejadiannya begitu cepat. Sedangkan sumber air bersih akan disupplai oleh PDAM setempat karena sumur warga tak lagi bisa dimanfaatkan sejak terjadinya peristiwa tersebut. (*)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim