Pelabuhan Probolinggo Bikin Impor dari Singapura Turun 32 Persen

Wagub Jatim Saifullah Yusuf di Kongres Maritim Indonesia I-2016 Infrastruktur di Hotel Majapahit. foto:ist

Dengan beroperasinya Pelabuhan New Tanjung Tembaga di Kabupaten Probolinggo, maka impor  Jawa Timur dari Singapura turun hingga 32 persen. Belum dibantu pelabuhan lain seperti Telok Lamong Surabaya saja, New Tanjung Tembaga  sudah mampu effisiensi impor sebesar 32 persen.

Pernyataan  tersebut disampaikan Wagub. Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf yang akrap disapa Gus Ipul, seusai mememberikan pengarahan  acara Kongres Maritim Indonesia I -2016 di Hotel Majapahit Surabaya, Jumat (2/12).

Gus Ipul mengatakan, penurunan impor Jatim dari Singapura ini, dikarenakan pelabuhan di New Tanjung Tembaga  sudah bisa dan mampu memberikan pelayanan  layaknya yang ada di Singapura. Sehingga barang- barang impor dari luar negeri tidak lagi harus melalui  Singapura, tapi bisa langsung masuk ke Indonesia melalui New Tanjung Tembaga. “Inilah  keunggulan New Tanjung Tembaga Probolinggo yakni lebih efisien sebesar 32 persen dibanding pelabuhan lainnya.Letaknya yang strategis dan dari sisi bisnis sangat porspektif karena melayani sekitar 120 juta penduduk wilayah Indonesia Timur,” jelas Gus Ipul.

Dijelaskannya, banyak  perusahaan memanfaatkan New Tanjung Tembaga antara lain batu bara milik Cheil Chedang Indonesia, Tjiwi Kimia dan Industri-industri yang ada di Ngoro. Bahkan Gresikpun, ingin mendaratkan barang-barangnya di pelabuhan New Tanjung Tembaga ini, alasannya karena pelayanan di pelabuhan ini sangat baik dan lancar. Keberadaan pelabuhan baru ini juga sudah bisa melayani berbagai kepentingan ekonomi, seperti pengiriman batu bara, aspal curah, tepung dari NTB dan Semen serta pengiriman sebanyak 1.500 ton beras Bulog ke berbagai wilayah di Indonesia.

Menurutnya, pelabuhan ini bermanfaat untuk efisiensi dan supaya industri di sekitarnya tidak tergantung kepada Tanjung Perak. Selain ongkos angkut akan lebih murah, aktivitas ekonomi juga tidak tergantung dan terpusat di Surabaya dan akan menyebar kemampuan daerahnya.

Wagub Jatim berharap, kongres ini akan menghasilkan kebijakan-kebijakan yang bisa  dijadikan pendukung visi Poros Maritim Dunia, khususnya pada aspek infrastruktur, yaitu berupa Cetak biru Indonesia Poros Maritim Dunia(IPMD) 2025 dan Peta Jalan Menuju IPMD 2016-2025. ***

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim