Jatimnomics Torehkan Anugerah Implementator Keilmuan untuk Kesejahteraan Rakyat

Gubernur Soekarwo menerima Anugerah Implementator Keilmuan untuk Kesejahteraan Rakyat dari UNAIR. foto:ist

Pakde Karwo Tokoh Inspiring Jawa Timur

Jatimnomics. Konsep Jatimnomics yang digagas Dr. H. Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, menerima anugerah Implementator Keilmuan Untuk Kesejahteraan Rakyat dari Universitas Airlangga Surabaya (UNAIR).

Penganugerahan ini diterima Soekarwo saat Malam Apresiasi Sahabat Airlangga di Isyana Ballroom Hotel Bumi Surabaya, Kamis (01/12). Penganugerahan ini sekaligus juga mengokohkan Soekarwo, atau Pakde Karwo, menjadi tokoh yang mampu membuat inspirasi besar bagi Provinsi yang dipimpinnya.

Soekarwo dalam sambutannya, menyampaikan usul kepada Unair yang menetapkan World Class University with Morality. Menurutnya ada kepentingan besar di Indonesia yang menunggu Universitas Airlangga untuk kemudian disampaikan ke tingkat nasional.  Pertama, meminta Unair menaruh keseimbangan antara pendidikan yang sifatnya umum dan vokasional, sehingga Unair diharapkan dapat memberikan sumbangsih untuk mengatasi kesenjangan yang ada.

“Bila pendidikan kita tidak menaruh keseimbangan antara vokasional dan bidang umum, kita tinggal menunggu middle income trade kita akan menjebak kita kemudian pendapatan kita akan turun pada posisi di bawah 3.000 USD. Unair punya segalanya untuk memberikan masukan pada pemerintah. Saya pikir ini usulan penting. Akhir-akhir ini hampir semua yang saya lihat perencanaan jangka pendek dan semua hanya kepentingan untuk menarik masyarakat, atau kebijakan sangat politis. Bukan menjadi basis kebijakan yang mendasar. Dan Unair punya semua tentang itu,” kata Soekarwo.

Poin kedua, lanjut dia, Unair harus punya fakultas kebudayaan yang bisa mengembangkan budaya moralitas, karena akhir-akhir ini di Indonesia sedang marak “budaya tanding”. “Perbedaan mestinya diajak dialog bukannya menjadi sarana untuk mendemonstrasikan kehebatan masing-masing. Budaya tanding tidak akan menyelesaikan masalah. Esensi demokrasi justru soal hak menyatakan pendapat demi tercapainya musyawarah mufakat Hari-hari ini kita merasakan informasi dimana siapa merasa lebih besar dari sapa. Saya kira pengembangan budaya Indonesia sangat ditunggu saat ini.”, tuturnya

Sementara itu Prof. Dr. Muhammad Nasich, Rektor Universitas Airlangga, menghaturkan apresiasi pada semua sahabat airlangga yang telah berkontribusi untuk masyarakat. “Salah satu hal penting dalam pembangunan sebelum kesejahteraan sosial adalah menciptakan masyarakat yang adil dan beradab. Kita berharap agar Unair bisa menjadikan indonesia yang lebih adil dan beradab,” terangnya. ***

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim