Harus Ada Kampung KB

Kader KB dan Gus Ipul selfie bersama. foto:istimewa

Laju pertumbuhan penduduk Jawa Timur masih di bawah rata-rata nasional. Yakni 0,610 dan Total Fertility Rate (TFR) Jawa Timur sebesar 1,946. Ini merupakan keberhasilan yang baik.

Kesuksesan ini tentunya tak lepas dari peran para kader Keluarga Berencana (KB) yang tersebar di seluruh Jawa Timur dalam menekan laju pertumbuhan penduduk dan mencetak keluarga yang berkualitas.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf membuka Temu Kader Kampung KB di GOR Kaliwates Jember, Kamis (17/11). Atas keberhasilan ini, Gus Ipul menghaturkan rasa terimakasih kepada seluruh kader KB yang ada di seluruh Jatim. “Saya ingin mengucapkan terimakasih, penghargaan dan rasa hormat kepada BKKBN termasuk di dalamnya para kader-kader KB. Saya ingin ikut ambil bagian dalam rangka terus menyuksesan bapak ibu sekalian. Jatim sukses karena kader-kader KB bekerja dengan baik Suksesnya bapak ibu suksesnya kami, majunya Jatim tergantung dari bapak ibu sekalian,” katanya.

Menurutnya, ini adalah Temu Kader Kampung KB yang ketiga dilaksanakan, dimana pertama dilaksanakan di Surabaya dan kedua di Tulungagung. Pertemuan ini, lanjutnya, merupakan suatu kegiatan untuk memperkuat komitmen, meningkatkan keterampilan dan silaturahmi para kader KB. Serta, bagaimana mewujudkan program-program yang telah dicanangkan Presiden.

Gus Ipul mengatakan, kesuksesan sebuah bangsa didukung dengan kualitas manusia-manusia unggul di dalamnya. Ada tiga ciri manusia unggul. Pertama, memiliki rasa cinta. Menurutnya, sebagai orang beragama, harus memiliki rasa cinta kepada Allah, cinta kepada Rasul, dan juga cinta kepada pasangan dan keluarga. Dengan cinta kita bisa melakukan sesuatu yang kita anggap kita tidak mampu.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan BKBN Provinsi Jatim, Drs. Kuswindarwinto, MAP mengatakan, Presiden telah mencanangkan Kampung KB dengan harapan bisa diaplikasikan dan diimplementasikan ke seluruh kab/kota seluruh Indonesia.

Tahun ini wajib setiap kabupaten memiliki satu Kampung KB. Menurutnya, saat ini belum semua Provinsi mencanangkan Kampung KB tapi Jatim sudah mencanangkannya. Pelaksanaan Kampung KB ini akan dimonitor terus oleh Presiden melalui BKKBN. Tahun 2017 nanti setiap kecamatan harus punya satu Kampung KB. Ini merupakan bagian dari Program Nawacita yang digagas Presiden Jokowi. ***

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 7587. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim