Pelaporan Pungli, Call Center 193 dan SMS 1193

Ilustrasi: Stop Pungli di berbagai lini. foto:ist

Keseriusan Presiden Jokowi untuk menindak semua pungutan liar (pungli) dengan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) harus didukung oleh semua pihak.

Sebagai instansi pemerintah yang juga memberi pelayanan kepada para PNS, BKN menegaskan mendukung sepenuhnya pemberantasan pungli.

Kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat, Herman, mengatakan, BKN mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam memberantas pungutan liar di seluruh intansi pemerintah.

Herman menambahkan, salah satu tugas BKN adalah melayani proses manajemen PNS, seperti proses pengadaan, kepangkatan, penyesuaian ijazah, hingga proses pensiun, semuanya tidak ada biaya yang harus dikeluarkan dalam pengurusannya.

Saat ini, selain Kantor Pusat, BKN juga memberikan pelayanan kepada PNS di daerah melalui Kantor Regional BKN yang tersebar di 14 Provinsi. Menyikapi pelayanan yang bebas biaya ini, Herman menegaskan bahwa seluruh proses administrasi dilakukan tanpa ada biaya ataupun pungutan.

Terkait pelaporan adanya pungutan liar, masyarakat dapat melaporkannya ke call center 193 atau SMS 1193 dan website di http://saberpungli.id. Selain itu, BKN juga menerima pengaduan bukan hanya terkait pungli melalui aplikasi LAPOR BKN! Yang bisa diakses melalui website www.bkn.go.id, sms ataupun twitter sebagaimana tertera diĀ http://www.bkn.go.id/homepage/lapor-bkn. ***/ist

45 Komentar Pembaca

  1. Pengaduan pungli dg ancaman kekerasan.
    Lokasi TERMINAL BUNGURASIHA. bus jurusan bungurasih Semarang.

    Preman mnfaatkn penumpng yg datngnya dari bandara juanda. Mereka do hiring dn di masukn me bus tujuan meraka pulng. Yg mn bus trsrbut didlmnya such siaga para kawan2nya.
    Tarip paksa :
    *bungurasih-lamongan tarip 250.000 tarif normal 15.000
    *bungurasih-babat. Tarip 300.000 tarif normal 25.000
    *bungurasih-tuban. Tarip 400.000 tarif normal 40.000
    *bungurasih-semarang. Tarip 750.000 tarif normal 150.000

    Kami didlm bus kecewa dn bnyk yg menolaknya. Tp mereka mengancam akn memukul dn brkta kasar kpd pra penumpng. Klu kits ngakh gk punya hang segtu mlh akn mmeriksa smua bawaannya dn mlh akn mngmbil smua hang yg, Ada dlm dompet/tas penumpng. Sopir bus dan crew nha, sekan tutup mta dan telinga. Tolong di dicek kebenaranya ditkp. Kami prnh menulis surat ke kntor polisi stmpt. Tp kmudiannya kami masih kenak pungli lg. Trims…

  2. Pungli dgn ancaman di terminal bungurasih sngat luar biasa. Sasarannya, adlh penumpang dr juanda

  3. Mohon pencerahan kalo kena tilang langsung warna merah
    apakah tidak ada untuk di bayar di bank untuk mempermudah karena jarak dan tempat yang jauh

  4. Ass! Bapak yg terkait,didesa kami desa langkap kec burneh bangkalan kok tidak spt desa yg lain,(tidak adanya pemilihan kepala desa sampai skr) padahal desa yg lain sudah dilakukan pemilihan serentak
    Ada apa dengan desa kami pak ? mohon segera ditindak lanjuti.

  5. Mohon ijin.. kami sbg waraga jatim ds.pejok kec kepuhbaru. Kab bojonegoro.
    Mau menayakan Mengenai masalah Prona. Kami mau menanyakan benar gak setiap.. pengajuan prona untuk setiap pemohon dimintai uang 750 rb..untuk pengganti patok dan biaya pengukuran… setau kami kok untuk program prona kok gratis/kalo memang ada administrasi kami mohon kejelasn…kami sebg warga tdk pernah diberi kejelasan kpd pihak desa kami..kalo minta kejelasan langsung dicoret dari daftr pemohon.dan bagusnya lagi setiap meminta bukti pembayaaran uang 750. Gak dikasih.. cmk ditulis olh pak rt setempat…
    Anehnya lagi setiap desa yang mendapat program tsb disamakan biayanya 750 rb olh bpk camat alsanya biar tdk ada gejolak”mohon maaf sebelumnya mohon dicek benar dan tidaknya di lapangan.

  6. Ass wr wb bapak ibu yg terhormat kami mengurus sertifikat tanah hanya untuk tanda tangan bpk camat minta 50 juta dan desa 50 juta…kami minta tolong pada bapak yg terhormat kami harus bagaimana

  7. Pungli di tingkat desa dan kecamatan mash tergolong tingi mohon tindakannya

  8. Pak. Di Desa Marparan ada program Prona sertifikat tanah massal. Ada 1700 tanah yang di sertifikat. Setiap petak tanah dikenai biaya 400.000. Jadi kalau di total 680.000.000. Tolong pengamannya. Sebab hal ini sangat merugikan warga di desa Marparan

  9. Pak. Di Desa Marparan ada program Prona sertifikat tanah massal. Ada 1700 tanah yang di sertifikat. Setiap petak tanah dikenai biaya 400.000. Jadi kalau di total 680.000.000. Tolong penanganannya. Sebab hal ini sangat merugikan warga di desa Marparan

  10. pk, tolong kami dr banyuwangi
    desa tambong krajan rt 01/rw,04
    kec,kabat
    pungutan liar bikin sertivikat tanah prmeternya ratusn lebih, janji 8bln, tp smpai 4thn blm ada kbr, biayapun sudah diterima 7jt
    itu bkn kami saja bnyk msarakat setmpt pun kena korbannya

  11. As’salamualaikum wrb….
    Salam sejahtra
    Alamat:dk.bareng geneng
    Rt/rw:002/002
    Kel/desa:bareng
    Kec. :sawahan
    Kb:nganjuk
    Lapor bahwasan nya pada senin tgl 12 pebruari 2018 terjadi pungutan dana untuk pengurusan sertifikat tanah sebesar Rp.600.000 (enamratus ribu rupiah)/sertifikat
    Keterangan setiap pemohon di haruskan membayar uang muka Rp.300.000(tigaratus ribu rupiah)/1 sertifikat sebelum proses pengukuran di lakukan dan
    Sisa pembayaran menyusul sa’at pengambilan sertifikat
    Banyak warga yg mengeluh akn tetapi tak mampu menolak
    Minim nya pengetahuan memaksa mereka bersedia mengikuti aturan tersebut
    Jika tak membayar maka tidak akan ada proses.terkecuali orang2 ter tentu
    Untuk membuktikan kebenaran nya saya mohon cek ke tkp
    Laporan selesai
    Trimakasih atas kerja sama nya
    Majulah indonesia ku
    Wasalamualaikum wrb….

  12. Assalamualaikum. Wr. Wb..
    Salam sejahtera.
    Saya berasal dari warga :
    Desa jabung, kec. Laren, kab. Lamongan Jawa Timur.
    Saya ingin menanyakan mengenai program prona yg sementara ini berlangsung di desa kami. Dan sy termasuk salah satu warga yg mengikuti program tsb, dan sudah di mintai uang administrasi sebesar 700.000 oleh panitia desa dan katanya nanti akan di suruh membayar biaya tambahan lagi sebesar 300.000 lg, dan sebagian warga banyak yg sudah membayar 1 jt. Dan menurut informasi lg biaya 1 jt itu blm cukup, artinya akan ada tambahan lgi. Jadi kira” pantaskah biaya yg di bebankan kepada kami (warga) dg nominal tsb,,? Terus terang kami sangat keberatan karena menurut kami biaya administrasi sebesar itu terlalu berlebihan.
    Demikian pertanyaan dan informasi dr sy mohon selamatkan kami rakyat jelata dr para pungli dan mohon ketersediaanya utk mengecek di tkp. Terima kasih.
    Wassalam.. Wr. Wb.

    • Miris dg pungli di desa.
      Saya melihat berita di media televisi bebrapa desa kepala desa dan jajaran perangkatnya di tangkap karena memintai warganya sebesar 500.000 untk program prona tsb. Nah bgmn dg desa kami yg di mintai smpai 1 juta lebih oleh panitia desa ?? Kami warga tk berdaya kalau kami gk mengikuti, daftar kami akan di coret.

  13. kades saya di desa tlogorejo pagak kab.malang sudah sangat parah korupnya pak.ciduk saja pak,terima kasih

  14. Saya menyampaikan keluh kesah warga desa balong gabus dusun balong macekan .kecamatan sidoarjo kode pos 61265
    Kasi bendahara dan kepala desa balong macekan yg baru jadi…yg sebelumnya mnjabat sebagai sekdes balong macekan..
    Telah melakukan pungli dengan kasi bendahara dan pihak kecamatan ..alokasi dana desa jalan…keluhan warga sudah lama
    Dan warga ingin kebijakan pemerintah mengenai alokasi dana tersebut..
    Hukum hrus ditegakkan…segera tuntaskan pungli
    Pemerintah harus segera periksa kasi bendahara dan kepala desa..

  15. Program pemerintah tentang sertifikat tanah gratis..dijadikan pungli oleh pihak keluran kedung putri.paron.ngawi jawa timur.istri saya.hrs mengelurkan 170rb.utk pendataan dan pendaftaran..jumlah sbesar 170 bagi kmi berat krna kmi hanya pkerja kasar dan serabutan.cba klo di kali 100 warga sdh berapa rupiah yang didpt pihak kelurahan trsbt.

  16. Saya ingin mangurus pindah masuk ke RT 3 RW 1 Kel Lidah Kulon Kec Lakarsantri (dengan ketua rt bernama kundari dan ketua rw subiyanto). Dikenakan biaya 1.500.000 rupiah dari pak RT nya. Disertai dengan surat edaran dari RW nya (surat tercantum th 2015 dengan nam rw yang berbeda). Apakah biaya seperti ini diperbolehkan ? Saya mencari uang segitu sudah cukup sulit.
    Dan menurut saya, hal ini akan mempersulit keluarga keluarga kecil lainnya yang mungkin penghasilan masih rendah.

    Mohon saran dan tindak lanjutnya mengenAi hal ini.

    Terima kasih

  17. 1193 ,193 , 1708 preeeeetttttt gak ada yg aktif nomernya bullshit doang

  18. Bungurasih masih tetap rusuhh… dr taun 2000an smp skrg calo2 msh ttp berkuasa di trminal… sungguh sangat di sayangkan… harusnya pihak pengelola control tuh calo2 bajingan…
    Maaf klo sy gunakan kata2 kotor karna saya kecewa sekali.

  19. Assalamualaikum wr wb .
    Kepada yth bpk Ibu pemangku kebijakan.
    Saya mau mengadu tentang pungli Yang Ada di kelurahan Karangbesuki besuki kecamatan sukun Kota Malang.
    Saya mau mengurus SHM Dari BPN Di berikan form Dan Di arahkan me kelurahan untuk Di Bantu mengisi form tersebut berdasarkan Yang saya ketahui mestinya mengurus tersebut gratis terapi kenyataanya ketika saya Di kelurahan hanya untuk pengetikan formnya saja oleh Pak lurah Di Minta untuk membayar biaya pengetikan senilai 1juta rupiah
    Apakah memang benar biaya administrasinya sebesar itu?
    Saya Mohon Di kasih klarifikasinya terimakassih

  20. Assalamualaikum wr wb, Nama saya katon, Hari Sabtu Tanggal 26 januari 2019 akan melaksanakan acara pernikahan di nganjuk.
    Keluhan saya pada biaya yang dibebankan oleh kua tidak sesuai undang undang. Biaya pernikahan di kantor KUA pada hari libur 600.000 tetapi kenyataanya 850.000, pada beberapa hari akhirnya saya memutuskan untuk acara akad nikah dipindahkan kemempelai perempuan, tetapi pada saat akan melakukan pembayaran pihak KAU meminta biaya sebesar 1.100.000. saya tidak keberatan membayar segitu, tetapi kalau orang yang tidak mampu besok akan melakukan pernikahan pasti akan terbebani sekali. Mohon ditindak lanjuti.
    KUA SUKOMORO KAB NGANJUK.

  21. Di kab. Lamongan kec. Tikung banyak terjadi pungli untuk program PTSL.
    Desa saya mendapat kuota 1.370 dikenakan biaya oleh pemdes sebesar 700.000 kepada setiap pemohon.
    Angka yang sangat jauh dari SKB 3 Menteri yang semestinya 150.000.
    Mohon untuk ditindak lanjuti.

  22. Kepada pihak terkait, saya dari temayang bojonegoro, saya mau menanyakan, apakah benar ada kewajiban membayar pajak 10 persen dari hasil panen yang di peroleh para petani yang mengolah lahan hutan, rata rata didaerah saya di pungut uang rp 300.000, karena tidak ada uang suami saya cuma membayarRp 150.000. karena d anggap kurang, ketua kelompok mendatangi rumah saya dan meminta Rp500.000, jika tidak membayar Rp 500.000, maka lahan tidak boleh di olah atau akan dipindah tangan, yang mau saya tanyakan apakah ini memang ketentuan perhutani/pemerintah, ataukah hanya pungli belaka, karena jika harus membayar sedemikian terus terang kami keberatan, belum lagi sebentar lagi panen padi pasti ada pungutan lagu, mohon kebijakannya, terima kasih

  23. Pak saya maw tanya…gagasan sertifikat gratis pak jokowi belom sampek di daerah saya..kunjang kediri…mohon pencerahanya..kenapa…apakah daerah kami tidak termasuk..aneh..terima kasih

  24. Hari ini tanggal 16 Mei 2019 saya atas nama margiono kediri, minta surat Rekom surat kehilangan stnk atas nama katinem di sat lantas pare, kediri jatim, di kenai biaya Rp.50000, setahu saya kalau minta surat aja geratis, jika saya salah maaf,beri edukasi masyarakat,jika ada yang melenceng mohon di tindak lanjuti.trimakasih

  25. Kenapa nomernya tidak ada yang bisa di hubungi

  26. Selama ini knp mengurus dokumen spt KTP, kartu keluarga, Akta dll dikenakan biaya minimal Rp 100.000 spt yg saya alami di desa Banjarejo kec.Bancar kab. Tuban Jawa timur.krn yg saya tahu ini semua gratis.mohon untuk ditindak lanjuti.trm ksh

  27. Selamat siang dan salam sejahtera
    Disini saya mau bertanya,tadi pagi saya ke kelurahan magersari Sidoarjo bertujuan untuk mengurus surat waris,setelah sampai di kantor kelurahan saya bertemu dengan sek lurah dan membicarakan masalah surat tersebut,kata sek lurah begini : ini saya dapat mandat dari pak lurah dan pak camat klo untuk pengurusan surat di kenakan biaya 2.500.000 sudah termasuk ttd lurah,camat dan administrasi.
    Yg saya pertanyakan apakah benar untuk pengurusan surat ahli waris dikenakan biaya sebesar itu?
    Mohon pencerahanya karena saya masih awam dalam masalah pengurusan surat tersebut.terima kasih

  28. Maaf pak buk. Kami dari bojonegoro. Ds purwoasri sukosewu mohon di sidak. Pembagian sembako dan PKH. tranfara. Yg marasa dekat dengan ketuwa klompok dan Rt. Dapat. Tp yang engk dekat engak dapat, walupun itu janda usia lanjut dan yg seharusnya dapat. Tidak dapat. Mohon di sidak trim kasih.

  29. Apakah mengurus surat n1,2,3,4 kena biaya admin 100 rb

  30. Pak terkait program pemerintah PTSL THN 2019, di desa kebontunggul kec,Gondang kab, mojokerto. Kepala desa menarik uang pendaftaran ptsl 100 ribu dan meminta tumpi tanah dari masyarakat untuk program sertifikat masal , jg meminta tambahan uang jika sertifikat sudah jadi. Dan ironisnya desa kami tidak mendapat jatah program ptsl dari kabupaten. Dimulai bulan April 2019 sampai saat ini. Kami seluruh warga merasa tertipu.. mohon bantuannya..

  31. Mohon tanya pak. Saya warga dari kelurahan Prajurit kulon kota Mojokerto. Saya lagi mengurus SKW di kelurahan. sudah 1 minggu saya dijanjikan bisa menerima surat tersebut. tapi hari ini setelah di tanyakan lagi saya diminta bayar untuk biaya administrasi pembuatan surat tersebut. Pertanyaan saya apakah masyarakat mnt surat SKW ada di kenakan biaya? jika saya hanya dikenakan biaya kas atau partisipasi kelurahan dengan seiklasnya mungkin saya lebih memahami. Mohon pencerahannya

  32. Nama saya heru susilo
    Alamat desa ramban wetan rt. 06 rw. 02 kec. Cermee bondowoso jatim. Saya sdh bayar 1 juta ke kecamatan cermee bondowoso. Tapi sudah 5 tahun sertivikat tanah saya belum selesai juga. Mohon perhatian pihak terkait.

    • asalamuk alaikum wr.wb. saya warga desa senggreng ,kec.sumber pucung ,kab.mlang ,jawa timur ,saya cuma mau nanya pak/bu apakah benar biaya pembuatan sertifikat sangat mahal ,saya mau bercerita banyak disini kayaknya gak cukup utk menulis cerita saya…yang jelas pak/bu saya mengurus sertifikat tanah ukuran tanahnya 11x 54m2 kok saya biayanya sampek habis sekitar 65jt an selama 3tahun lebih gak kunjung selesai ,,,mengapa begiti sulit ya pak /bu…saya saya berpikir saya mau mengadu kemana??? saya akhirnya coba menulis ini….barang kali ditanggapi bisa bapak/ibuk telpon saya 085234212444

  33. Untuk sekolah SMPN 1 Wates kec Poncokusumo
    Kayak banyak terjadi pungli yg semakin jadi”
    Pertama
    1. daftar masuk yg gak ada uang gedung ternyata di
    ubahh ganti uang sumbangan sekolah tiap tahun pasti ada
    2. Mulai tahun 2020 ini kenaikan kelas di adakan uang daftar ulang, padahal sebelumnya gak pernah ada
    3. Parahnya lagi udah bayar uang SPP tiap bulan tapi parkir dalam sekolah wajib bayar tiap hari kayak parkir di pasar atau tempat wisata parkir harus bayar, sedang SPP itu buat apa aja
    4. Kayaknya komete udah kerja sama sama guru atau kepala sekolah buat jalan cari pungli yang rapi

  34. Bapak Ibu yang mengeluhkan adanya kemungkinan pungli di desa yang berhubungan dengan PTSL, saya hanya ingin memberi saran.
    Jika berhubungan dengan Proses PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018 tentang PTSL itu biayanya MAKSIMAL Rp 150.000, jika ada biaya lebih dari itu (yang bukan sukarela) bisa dipastikan itu pungli, dan jika anda menemui hal tersebut silakan untuk datang ke Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota anda dan menemui bagian Hubungan Hukum Pertanahan (H2P) dan laporkan bahwa ada indikasi pungli, karena pelaksanaan PTSL ini melibatkan Kepala Desa/Kelurahan dan petinggi desa sebagai Panitia Ajudikasi (Panitia PTSL) di Desa/Kelurahan itu.
    Kemudian tentang pendaftaran tanah (untuk mendapatkan sertipikat) lebih baiknya juga tanyakan mengenai mekanisme dan prosedur nya yang betul seperti apa di Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota anda sekalian, atau bisa googling prosedurnya. Jika kita tahu apa yang harus kita minta ke Desa pasti akan memudahkan kita.
    Intinya jangan pernah ada ‘malas’ untuk cari tahu dalam mengurus tanah, karena Sertipikat tanah itu sangat penting, walau tidak dibawa mati, tapi akan diturunkan kepada anak, jika tanah nya bermasalah juga pasti akan membebani anak.
    Sekian, mari hindari pungli demi Indonesia yang lebih tertib

  35. Aslm… Mhon penjelasan tentang bansos umkm/bpum yg 2.400 di daerah pandaan pasuruan, persyaratannya apa sja… Ibu sya dri blt/bansos apapun dri pemerintah blm prnh dpt, pdhl nmanya sdh msk ke kec. Dan kabupaten pasuruan.. Mhon dibls lngsng di WA sya pak. 089636339163.trima ksh.

  36. Almt rmh ibu sya di gg niaga 214..atas nma ibu mariani, keren pandaan..

  37. Saya pengelolah parkir yang sah diruko Wow timur blok A jalan Danau ranau sawojajar kota malang. Waktu kami melakukan aktivitas parkir pada pertengahan oktober 2019 didatangi oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan LPMK sawojajar, kami diusir lalu terjadi keributan antara saya dan mereka, untuk menghindari jatuhnya korban sementara mengalah dan menempuh jalur hukum hal ini sudah saya laporkan kepada dispendah kota malang dan polresta namun tidak ada tidak lanjut.
    Mohon perlindungan dan hak kami dikembalikan seperti semula. Barang bukti berupa npwpd nomor 0489.63.400 dan kwitansi pembayaran pajak parkir, pelakat parkir dari dispendah yang saya pasang dicopot paksa oleh mereka

  38. _saya pengelolah sah parkir ruko wow timur blok a
    Jl D.ranau sawojajar kota malang npwpd.0489.63.400
    _saya merintis parkir mulai dari nol thn 2012 sewaktu kami
    Melakukan aktivitas parkir didatangi sekelompok orang yg
    Mengatas namakan lpmk sawojajar.
    _akhirnya terjadi keributan plakat npwpd parkir dr dispenda
    Yg saya pasang dicopot paksa oleh mereka
    _sebagai wajib pajak saya tdk pernah terlambat membayar
    Pajak parkir sebesar antara 2s/d 2,4 jt perbulan
    _sejak dikuasai lpmk mulai oktober 2019 diduga pajaknya
    Tdak pernah dibayar dan berhusaha menghapus npwd saya
    _Hal ini sudah saya laporkan kedispenda kota malang selaku
    Intansi yg mengelurkan ijin dan polresta malang namun sampai saat ini tdk ada tindak lanjut
    _dengan kejadian ini mohon pengaduan kami ditindak
    Lanjuti dan hak kami sebagai pengelolah dikembalikan
    seperti semula

  39. Banyu urip wetan tengah bt 5 sby .pengambilan sertifikat dari pemrintah yg kata nya geratis di minta 500rb tanggal 20-11-2020..
    Mohon di tindak lanjuti dan di tindak tegas..
    Kasian qlo orang yg susah di musibah pandemi ini dia di haruskan bayar 500 di ketua rw..
    Trimasih tlong segera di tindak..

  40. Assalamualaikum Wr. Wb mohon penjelasannya mengenai program presiden tentang pengurusan sertifikat tanah gratis. Dalam hal ini proses sertifikat hampir ke tahap selesai/mau jadi dan disini saya mau menanyakan apakah ada dana apresiasi terhadap panitia pengurusan (selaku jajaran dari RW/RT) dengan senilai 500 ribu rupiah + di tambah surat kuasa pengambilam sertifikat tersebut. Karena dalam proses kepengurursan sertifikat ini yg bergerak jajaran dari RT.
    Dengan kejadian ini semoga dapat di tindak lanjuti ataupun dapat memberikan saran bagi saya. Khususnya kecamatan Sawahan kelurahan Banyu Urip Kota Surabaya
    Bebasakan negara kita dari pungli pungli yg merajalela
    Kasian rakyat kecil yang terbebani mengenai hal ini

  41. Pungutan liar bus sabar indah jurusan surabaya-ambulu sabtu, 16 januari 2021 pukul 14.20 WIB. tarif normal 30-40k tujuan lumajang, ditarik 70k. Kondektur tidak berperilaku baik, sopan, kondektur memalak semua penumpang disertai ancaman. Mohon tindak lanjut, demi kenyamanan penumpang kendaraan umum. Mohon dishub bekerja dengan profesional menindak segala bentuk pungutan liar yg banyak meresahkan ini.
    Terima kasih

  42. Berkedok Sumbangan Sukarela, Wali Murid Salah Satu SMA Negeri Dibebani Biaya Hingga 1,3 M

    https://ikilhojatim.com/berkedok-sumbangan-sukarela-wali-murid-salah-satu-sma-negeri-dibebani-biaya-hingga-13-m/

  43. Pak yg terhormat. Tolong surat tanah saya yang di programkan pemerintah melalui PTSL saya gak diurus2.

    Alamat: jl. Masjid dengkol gang 6 rt.1 rw.5 singosari malang

    Berkas2 dan biaya sudah saya setorkan semua ke panitia.
    Selang beberapa waktu gak jadi2 Kata panitianya gak bisa di jadikan. Karena pak kepala desanya gak membolehkan. Padah udah tanda tangan dan stempel.

    Mohon bantuannya. Terimakasih

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2021. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim