Pakde Karwo Instruksikan Tanam Pohon Berdaya Cengkeram Kuat

Pakde Karwo tinjau langsung lokasi banjir dan longsor di Trenggalek. foto:humassetdaprov

Bantuan 1,6 Miliar untuk 12 Titik Bencana di Trenggalek

Masyarakat Kabupaten Trenggalek harus segera melakukan upaya strategis agar terbebas dari bencana longsor dan banjir. Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, pun menginstruksikan agar  masyarakat segera menanam pohon dengan daya cengkram tanah yang kuat. Sebab struktur tanah Trenggalek banyak yang mudah longsor saat intensitas hujan tinggi.

Hutan di Trenggalek, kata Soekarwo, 60 persen adalah milik Perhutani. Sebab itu Pakde Karwo minta agar Pemerintah Kabupaten dan Perhutani bersinergi menyiasati pohon yang sekarang masih belum ideal untuk mencegah longsor.

Instruksi itu disampaikan Pakde Karwo saat meninjau lokasi bencana di Desa Tawing. Pakde Karwo juga diiring Bupati Trenggalek, Emil Dardak.

Pakde Karwo mengatakan, bencana banjir parah pernah terjadi pada 2010 di Panti, Jember. Ketika itu, sebuah pesantren rubuh akibat tidak adanya pohon penahan tanah yang kuat. “Maka saya berharap kejadian tersebut tidak terjadi di Trenggalek. Pak Bupati harus menyiapkan langkah preventif sejak dini. Semua pihak, tidak hanya Pemkab, Perhutani, aparat keamanan, yang paling penting masyarakat harus sadar agar bersama-sama menjaga lingkungan.”

Desa Tawing, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, adalah desa terpencil dan paling terdampak bencana banjir dan longsor. Maka Pakde Karwo pun secara simbolis menyerahkan bantuan senilai Rp 1,674. 980.000.

Bantuan itu diberikan untuk 12 titik di Kabupaten Trenggalek yang terdampak banjir dan longsor. Selain bantuan dana, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menyerahkan santunan duka cita untuk keluarga korban bencana alam Rp. 5.000.000 dan sepuluh ton beras bagi masyarakat sekitar yang terdampak bencana.

Selain Tawing, desa lain di Kecamatan Munjungan yang paling terdampak antar a lain adalah Desa Bendoroto dan Desa Bangun. ***

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim