Tuntasnya Masalah SPAM Umbulan Capaian Sangat Penting

Tuntas sudah, semua sumringah. Pakde Karwo menunjukkan hasil kesepakatan. foto:istimewa

Mampu Layani 5 Wilayah, 2 Kota dan 3 Kabupaten

Tuntasnya percepatan proyek SPAM Umbulan di Jawa Timur membuat lega Pakde Karwo, Gubernur Jawa Timur. Pakde Karwo berkisah, proyek SPAM Umbulan ini sudah diawali pembahasannya sejak tahun 1973. Setelah pembahasan awal, 43 tahun lamanya, proyek SPAM Umbulan ini mandeg bin mangkrak.

Menurut Pakde Karwo, pihaknya baru menangani dan terus melakukan upaya penyelesaian masalah SPAM Umbulan baru pada tahun 2015. Pada Januari 2015 telah dilakukan viability gap fund (VGF) dan Agustus 2015 baru dilakukan lelang.

“Terus terang saya senang. Mandeg 43 tahun sejak tahun 1973 pekerjaan ini tuntas hari ini. Praktis SPAM Umbulan ini ditangani sejak 2015. Hari ini juga sudah ditandatangani semua baik dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” kata Pakde Karwo sembari menunjukkan Surat Persetujuan Kelanjutan Proyek SPAM Umbulan yang ditandatangani dan distempel Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf.

Penyelesaian SPAM Umbulan ini, Jelas Pakde Karwo, capaian sangat penting karena berkaitan dengan pelayanan publik di bidang air minum. Bukan hanya air bersih. SPAM Umbulan ini dapat menghasilkan 4.000 liter per detik. Proyek ini dapat melayani kebutuhan urair minum yang berkualitas bagi lebih dari 1,3 juta jiwa masyarakat Jawa Timur. Khususnya pada 3 kabupaten dan 2 kota yakni Kabupaten Pasuruan, Gresik, Sidoarjo, Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya.  Proyek ini diharapkan dapat selesai pada tahun 2019. ***

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim