Jawa Timur-PNG Kerjasama Bidang Pangan

Menandai kerjasama dengan tukar menukar cendera mata. foto:istimewa

Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, kembali membuka kerjasama bidang pangan. Kerjasama kali ini adalah dengan negara tetangga, persisnya dengan Provinsi Sandaun di Papua New Guinea (PNG).

Soekarwo mengungkapkan, kerjasama tersebut sebenarnya bukan hanya perdagangan tapi juga bidang sosial, politik dan potensi lainnya yang ada di Jawa Timur. Khusus perdagangan, hubungan yang sudah ada selama ini ditingkatkan menjadi hubungan Business to Business (B to B).

Delegasi dari Provinsi Sandaun, PNG, tersebut dipimpin Gubernur Hon Amkat Mai, MP, diterima langsung Gubernur Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (15/3).

Diketahui, hubungan dagang antara Jawa Timur dan PNG berlangsung sejak lama. Paling mutakhir, pada 2015, ekspor Jawa Timur ke PNG mencapai USD 16 juta. Impor mencapai USD 4 juta atau surplus USD 12 juta.

Sementara itu, Gubernur Sendaun, Hon Amkat Mai, MP, mengatakan, ingin lebih dekat dan menjalin kerjasama langsung dengan Jawa Timur. Kerjasama yang lain juga akan dijalin dengan kota-kota lain di Indonesia.

Dalam lawatan itu, Gubernur Sendaun membawa rolmbongan yang terdiri dari Deputy Governor John Nos, Consul General of PNG in Jayapura Jack Aria, Mayor (Walikota) Wewak Mr. Charles Malenki, Consulate of Indonesia in Vanimo and MFA Elmar Iwan Lubis, Vice Consul Allen Simarmata dan pengusaha.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 5699. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim