Jumat, 31 Maret 2017

Penghargaan Swasti Saba Wistara Diboyong ke Jawa Timur

Ilustrasi: Seremoni penghargaan di Jakarta.

Dua penghargaan bergengsi bidang kesehatan tingkat nasional diboyong ke Provinsi Jawa Timur.

Diterima langsung Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, penghargaan tersebut adalah Swasti Saba Wistara Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2015.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur, Bude Karwo, juga menerima tanda penghargaan Penggerak Peran Serta Masyarakat Bidang Kesehatan.

Dua penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Prof Dr Nila F Moeloek dalam rangkaian acara Hari Kesehatan Nasional ke-51 Tahun 2015 di Bidakara Jakarta, Jumat (27/11).

Menurut Menkes, Nila F Moeloek, penghargaan Swastisaba Wistara diterima Pakde Karwo lantaran Pakde dinilai berprestasi dan berkontribusi besar dalam pengembangan kabupaten/kota sehat. Jawa Timur mampu mengkoordinasikan sekurang-kurangnya lima sektor pembangunan di wilayahnya. Selain Jawa Timur, penghargaan serupa juga diterima Sulawesi Selatan dan Sumatra Barat.

Nila F Moeloek mengapreasiasi, prestasi Jawa Timur dalam pembangunan kesehatan di Indonesia sangatlah besar. Di Provinsi ini digagas, dibentuk dan dikembangkan 10.000 Taman Posyandu. Tersebar di 38 kab/kota. Taman Posyandu merupakan wadah untuk mendukung tumbuh kembang anak di semua aspek kesehatan mulai dari gizi yang cukup dan tumbuh kembang anak hingga proses tumbuh kembang anak.

Melalui siaran pers Humas Setdaprov, Menkes mengatakan, pemerintah akan terus mendorong daerah untuk meningkatkan peran dan dukungannya pada pembangunan kesehatan. Keberhasilan pembangunan kesehatan ditentukan oleh dukungan semua pihak, baik dari jajaran pemerintah pusat, daerah maupun seluruh elemen masyarakat.

Menkes juga mengapresiasi provinsi yang telah melakukan pembinaan yang sangat baik sekaligus memberikan kepedulian terhadap kesehatan masyarakatanya. “Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jatim beserta Ketua TP PKK Jatim karena atas upayanya mendedikasikan seluruh pikiran, energi dan segenap perhatiannya di bidang kesehatan,” ungkapnya.

Ia berharap, agar penerima penghargaan dari seluruh jajaran pemerintah dan segenap lapisan masyarakat dari waktu ke waktu senantiasa mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan akses dan layanan secara komprehensif. Hal tersebut guna mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dan menjadikan kualitas hidup bangsa Indonesia yang sebaik-baiknya.

“Saya mengimbau kepada seluruh jajaran pemerintah pusat hingga daerah agar terus mendorong terwujudnya langkah serta mengutamakan upaya promotif-preventif dalam pembangunan kesehatan,” terangnya.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim