SMK Keahlian Khusus Gula Ada di Situbondo

Ilustrasi: Menteri Rini Soemarno berdialog dengan para santri.

Untuk Menjawab SDM Pergulaan

Senada dengan program unggulan Gubernur Jawa Timur dengan memperbanyak SMK Mini dengan keahlian khusus, kemarin, Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ibrahimy di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Kabupaten Situbondo. SMK yang diresmikan tersebut salah satu program andalannya adalah keahlian mengenai pergulaan.

“Sekolah seperti ini sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan karyawan yang andal di pabrik gula,” kata Rini usai meresmikan sekolah di pesantren yang diasuh oleh KHR Achmad Azaim Ibrahimy, kemarin.

Ia menjelaskan sekolah tersebut akan mencetak para murid yang umumnya kaum santri agar mengerti mengenai industri gula sehingga nantinya bisa mendukung tekad pemerintah untuk merealisasikan swasembada gula pada 2019.

Bahkan lanjut dia, SMK tersebut bisa ditingkatkan lagi menjadi akademi sehingga menghasilkan tenaga-tenaga teknis yang lebih mumpuni di bidang pergulaan.

Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah KHR Achmad Azaim Ibrahimy mengatakan, pesantren dengan masyarakat tidak bisa dipisahkan. Hal itu yang mendasari pemikiran pihaknya mendirikan sekolah kejuruan yang salah satu program keahliannya mengenai pergulaan.

“Kami menampung aspirasi masyarakat yang menitipkan anaknya di pesantren ini. Wali santri di sini banyak yang pemilik lahan tebu. Karena itu anak-anak mereka perlu mendapatkan pendidikan yang baik mengenai pertanian dan gula,” katanya.

Ia menjelaskan pola pendidikan di lembaga itu adalah 50 persen berbanding 50 persen untuk pendidikan agama dan pendidikan bidang lainnya, termasuk pendidikan mengenai pergulaan.

“Kami ingin mencetak santri yang berakhlak baik sekaligus memiliki pengetahuan mumpuni mengenai pertanian, khususnya tebu,” tandasnya.

Pihak pesantren juga telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan pabrik gula untuk pengembangan program keahlian pergulaan tersebut. Bahkan PG Asembagus berjanji akan merekrut 10 hingga 20 siswa lulusan terbaik sekolah itu.

Komentar Pembaca

  1. Saya siswa kelas 9 smpn 3 panarukan situbondo. Apakah smk gula itu hanya untuk santri ponpes sukorejo atau boleh untuk siswa umum?

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim