Pabrik Khusus Perhiasan Bakal Dibangun di Jawa Timur

Ilustrasi: Perhiasan emas desain terbaru yang dipamerkan.

Disiapkan Lahan 100 Hektare di Dekat Bandara Internasional Juanda

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, mengungkapkan, Provinsi Jawa Timur bakal mempunyai pabrik khusus perhiasan.

Lokasi pembangunan berada di dekat Bandara Internasional Juanda. Kalau ini terealisasi maka Jawa Timur akan seperti Dubai di Timur Tengah.

Pembangunan pabrik khusus perhiasan itu diperkirakan selesai tahun 2019. Sedangkan lahan yang disiapkan seluas 100 hektare di dekat Bandara Internasional Juanda.

Hal ini diungkapkan Pakde Karwo usai membuka  20 Tahun Surabaya  Jewellery Fair di Grand Ballroom Sangri-La Hotel Surabaya, Kamis (22/10).

Menurut Gubernur, jadi para pembisnis nanti setelah turun dari pesawat di Bandara Juanda atau City Airport Juanda yang didekatnya ada pabrik perhiasan yang dilengkapi pertokoan dan mall serta penginapan. Para pembisnis setelah melakukan temu bisnis dan transaksi tidak perlu susah-susah kemana-mana, mereka langsung bisa kembali ke negaranya.

Sementara itu, Iskandar Husin, Sekjen APEPI, mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana Pemerintah Jawa Timur menyiapkan tempat sebagai pusat industri gemopolis di dekat Bandara Internasional Juanda.

Memang sebaiknya industri emas perhiasan permata ditempatkan di suatu lokasi strategis dekat bandara seperti di Juanda. Karena dengan adanya tempat industri gemopolis maka akan mendorong dan meningkatkan industri perhiasan di Indonesia khususnya di Jawa Timur.

Ketua Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI), Jefri Tumewu, mengatakan, Surabaya Jewellery Fair 2015 kali ini diikuti oleh 135 peserta dalam negeri termasuk didalamnya  68 pengrajin Industri Kecil Menegah (IKM) mitra dari binaan Kementerian Perindustrian Indonesia, Kementerian Koperasi UKM dan Dekranasda Provinsi Jawa Timur.

Para peserta menampilkan produk-produk hasil kerajinan terbarunya yang belum pernah dipamerkan. Jumlah peserta IKM merupakan yang terbanyak dari sebelumnya. Sementara dari jumlah tersebut 15 peserta menampikan mesin-mesin dengan perangkat industrinya yang bisa menghasilkan industri perhiasan cukup bagus.

Komentar Pembaca

  1. terimakasih buta informasinya gan.. semoga pabrik perhiasan cepat di bangun dan menjadi primadona ekonomi jatim yang baru..

    http://www.rumahjogja.net

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim